Merasakan Kekuatan Instagram

Jumat, 2017 adminbaru
Merasakan

TOP CAREER - Heni Maria dengan akun @Henimaria menjelma sebagai sosok selebgram kuliner. Dengan follower sebanyak 56.7 ribu followers, Heni mampu menyuguhkan foto-foto masakan yang apik dan ciamik. Padahal sebelumnya ia bukan ahli kuliner.

Heni hanya jeli melihat fenomena instagram. Sejak pertama masuk menjadi pengguna instagram di 2014 dirinya merasa kagum melihat ibu-ibu rumah tangga sepertinya yang datang dari kalangan masyarakat awam tetapi pintar mengambil foto masakan sehingga terlihat sedap untuk disantap.

(Baca juga : Profesi langka peracik minuman di Indonesia. Berani coba enggak? )

“Saya melihat banyak banget foto bagus tapi bukan dari fotografer profesional, ada yang motret pakai handphone dan kamera. Mereka masak tampilannya kaya di restoran dan itu dari ibu-ibu rumah tangga,” ucap Heni kepada TopCareer.id.

Dari sanalah Heni merasa tertantang dan merasa penasaran. Dirinya ingin mencoba dunia masak sekaligus foto yang sama sekali belum ditekuninya selama ini. Heni kemudian mencari-cari resep melalui google dan instagram kemudian meracik resep tersebut dan mengkreasikan tampilan plating sehingga nampak lezat.

(Baca juga : Najwa Shihab ternyata tidak seberani yang kamu kira. Kok bisa ya?)

Berawal dari diajari oleh suami tentang basic fotografi, Heni kemudian belajar secara otodidak tentang ISO, shutterspeed, zoom in, zoom out dan istilah lain di bidang fotografi.

“Saya belajar fotografi  supaya ada objek yang bisa saya foto dan objek yang saya foto itulah masakan saya. Saya tidak punya studio foto, semua manual sendiri. Benar-benar dari pencahayaan yang biasa, malah dulu motretnya masih di indoor.”

(Baca juga : Citilink kelola pekerja dan bisnis pakai cara keren kaya gini…)

Saat pertama kali belajar memoto masakan, dirinya menghabiskan  puluhan kali memotret satu masakan, lalu mengedit nya di handphone dengan menggunakan aplikasi snapseed.

Kini dalam sehari Heni bisa memfoto satu hingga tiga masakan dan jumlah semua fotonya sudah mencapai 1.395 menu masakan. Mulai dari masakan bernuansa Jawa, China, Jepang hingga masakan barat.

Idenya diperoleh dengan sering melihat iklan makanan di restoran, membuka buku resep dan melihat masakan dari para teman-teman di instagram. Oleh karena itu, kini foto instagramnya sudah banyak di repost oleh akun selebgram lain yang membuat followers-nya meningkat.

Dari instagram itulah, perempuan yang mengidolakan Farah Quin ini sudah bisa membuat buku masakannya sendiri. Lewat ajakan dari seorang editor buku yang masuk ke direct message-nya Heni di tawari untuk membuat buku resep yang diberi judul Semua Orang Bisa Masak.

Tak hanya itu, dirinya juga pernah mendapatkah hadiah berwisata ke Turki dan Shenzen China serta menjadi finalis dapur Lazada.com. Dirinya juga sering mendapatkan orderan untuk melakukan foto produk makanan dan me-review makanan di suatu kafe yang baru dibuka.

Meski sekarang banyak bermunculan akun instagram sepertinya, namun Heni tidak menganggap itu sebagai saingan. Perempuan yang juga sebagai agen properti ini menganggap bahwa itu adalah teman yang bisa sama-sama saling follow.

Bagi saya itu bukan kompetitor, itu mah teman. Karena saya follow orang juga kalau merasa ada manfaatnya untuk saya follow. Seperti ada orang yang ahli di baking dan saya belum pernah belajar pasti saya follow.”

Dirinya juga memberikan saran kepada pengguna instagram yang ingin memperoleh banyak followers salah satu triknya harus bisa memberikan konten yang bermanfaat dan tidak malu mengiklankan diri dengan kemampuan yang bisa menginspirasi orang lain, karena diakui olehnya banyak orang yang sekarang ini mencari talent dari instagram.

Selain itu bagi kamu yang berminat mendalami foto produk masakan bisa belajar otodidak dengan terus menerus melatih keahlian fotografi setiap hari karena apabila sudah terlatih kreativitas bisa muncul dengan sendirinya. (NL)