Cari Ilmu Barista Lewat Kursus

Minggu, 2017 adminbaru
Cari

TOP CAREERKian positifnya geliat perkembangan coffee shop di berbagai daerah, ditambah dengan tren membuat kopi memicu pertumbuhan barista. Beragam pelatihan pengolahan kopi pun mulai bertumbuh akibat kondisi tersebut.

Contoh yang menangkap peluang tersebut adalah Anomali Coffee. Anomali Coffee sendiri pada awalnya hanya fokus ke kedai kopi. Tapi seiring dengan antusiasme dari pengunjung yang ingin belajar seputar kopi mulai dari brewing hingga latte art, maka kafe tersebut memutuskan untuk mendirikan kelas training. Seperti diketahui, training ini dibawah naungan Indonesia Coffee Academy.

Aris Kadarisman trainer Indonesia Coffee Academy menjelaskan pelatihan ditempatnya terbagi dalam beberapa kelas seperti kelas basic, latte art (seni menggambar pada kopi), brewing (teknik menyeduh kopi), cupping (seni menilai secangkir kopi), advance hingga kelas roaster (pemanggangan).

Baca juga : (Barista coffee shop bukan cuma tukang seduh kopi)

Biaya untuk setiap kelas pun berbeda. Seperti pada kelas basic biayanya mencapai Rp3 juta untuk tiga kali pertemuan. Materinya mencakup pengetahuan umum tentang biji kopi, pengenalan tentang alat-alat yang digunakan untuk menyeduh kopi plus jenis-jenis mesin yang digunakan.

Pada kelas tersebut, peserta pelatihan juga akan belajar membuat espresso yang standar dan latte sekaligus bagaimana melakukan teknik steaming yakni teknik menambahkan susu pada latte art.

Di kelas latte art, peserta akan diajarkan pada pengembangan pola-pola membuat desain di permukaan kopi. Khususnya untuk produk cappucino dan latte. Harga kelasnya sekitar Rp1,5 juta dengan dua kali pertemuan.

Baca juga : (Profesi langka peracik minuman)

Kelas manual brewing berisi materi mengenai bagaimana cara brewing kopi tanpa mesin. Dengan durasi satu kali pertemuan, kelas ini biayanya mencapai Rp1,5 juta.

Lebih jauh mengenai pengetahun tentang kopi, ada juga kelas advance. Menurut Aris di kelas ini lebih pada pengembangan dari kelas basic. Dengan biaya Rp3 juta untuk tiga kali pertemuan.

Apabila ingin bisa menilai bagaimana enak atau tidaknya sebuah kopi, coffe cupping kelas  adalah salah satu program dari Indonesia Coffee Academy. Di kelas ini lebih fokus pada bagaimana mengetahui kualitas kopi. Dan biayanya sekitar Rp3 juta dengan tiga kali pertemuan.

Dan terakhir adalah roasting class (kelas pemanggangan) bisa diperuntukan bagi mereka yang  ingin menjadi seorang roaster (pemanggang). Di dalamnya diisi dengan materi seputaran roasting basic, roasting demonstration (exercise), roasting analysis dan cupping.“Kelas ini baru-baru dibuka, dengan tiga kali pertemuan dan biayanya Rp7,5 juta,” ucap Aris.

Kendati durasi kursus yang terbilang singkat, Aris mengklaim hasilnya cukup efektif terkait pengetahuan seputar kopi. “Tapi mengenai konsistensi dan pengembangan itu mungkin dia (peserta) tidak cukup. Jadi saya selalu merekomendasikan kepada trainee (peserta pelatihan) setelah kelas harus langsung mengaplikasikannya lagi seperti itu.” (Nur Lella)