Tertarik Jadi Abdi Negara, Masa Sih...

Selasa, 2017 adminbaru
Tertarik

TOP CAREER – Dalam beberapa tahun terakhir minat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) seolah terus membumbung. Tak sedikit yang menantikan dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan berharap besar posisi yang dibuka sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Sayangnya pemerintah secara umum memberlakukan moratorium CPNS karena dinilai jumlah PNS yang ada sudah terlalu besar. Tapi nyatanya daya tarik menjadi abdi negara belum juga memudar.

“Saya juga masih mau ikut CPNS kalau ada posisi yang kualifikasinya sesuai sama saya. Kan jadi PNS enak,” ujar Kartika Sari, salah seorang manager di sebuah kantor di Jakarta.

Meski sudah berstatus sebagai manager, Kartika menjadi satu dari sekian banyak orang yang masih memendam keinginan untuk berkarier sebagai PNS.

Contoh serupa bisa dilihat dari survei Pusat Kajian Reformasi Administrasi yang dilakukan di tiga universitas terkemuka di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung terhadap 1.260 orang beberapa waktu lalu. Survei itu menunjukkan jika 43,1 persen respondennya memilih untuk berkarier di instansi pemerintah. Angka itu memang lebih rendah ketimbang mahasiswa yang memilih berkarier di sektor swasta dengan persentase 50,1 persen. Akan tetapi, selisih tipis tersebut tentu bisa menjadi indikator terkait masih tingginya magnet menjadi abdi negara.

Survei tersebut juga menemukan beberapa alasan kenapa PNS menjadi profesi yang menarik di mata respondennya. Alasan utama adalah karena keamanan pekerjaan (60 persen). Kemudian diikuti oleh alasan gaji (54,5 persen), serta gengsi (29,9 persen).

Responden yang memilih PNS sebagai suatu pengabdian bahkan hanya 9 persen. Sedangkan yang memilih profesi PNS sebagai passion hanya berjumlah 1 persen.

Perihal jaminan “keamanan” seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) memang bisa dibilang berbeda jika dibandingkan jika berprofesi sebagai pekerja swasta. Bagi mereka yang berprofesi sebagai PNS, proses pemberhentian di atur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang baru disahkan pemerintah pada Maret lalu. Dalam PP tersebut, dijelaskan jika seorang PNS dapat diberhentikan secara terhormat dan tidak terhormat.

Pemberhentian secara terhormat jika PNS bersangkutan mengajukan pengunduran diri serta adanya perampingan organisasi atau kebijakan pemerintah. Namun pemberhentian PNS karena perampingan terjadi pada mereka yang sudah berusia 50 tahun dengan masa kerja 10 tahun. Para PNS juga akan mendapatkan hak kepegawaian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Sedangkan mereka yang diberhentikan secara tidak hormat jika melakukan pelanggaran disiplin PNS tingkat berat.

Adapun jika dilihat angkanya, Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah PNS dalam beberapa tahun terakhir grafiknya naik turun. Nah, kenaikan tertingginya pada 2008-2009 yang mencapai 10,80 persen.

Pada 2007, jumlah PNS di Indonesia masih mencapai 4,07 juta orang dan meningkat hingga mencapai 4,6 juta orang di 2010. Setelah 2010, jumlah PNS mengalami tren menurun. Hingga, pada 2016, tercatat hanya ada 4,37 juta orang yang bekerja sebagai PNS.

Bila dibandingkan dengan populasi di Indonesia, masyarakat yang bekerja sebagai PNS pada 2016 hanya 1,69 persen terhadap jumlah penduduk. Bila dilihat perbandingan PNS dengan jumlah penduduk secara umum, pada 2016, satu orang PNS bertanggung jawab memberikan layanan terhadap 58 orang penduduk.

Sayangnya bila rasio rata-rata itu dibandingkan dengan rasio PNS dengan masyarakat di berbagai provinsi menunjukkan komposisi yang tidak seimbang.

Contoh pada 2016, setiap PNS di daerah (berstatus PNS Provinsi dan Kabupaten/Kota) rata-rata bertanggung jawab untuk melayani 47 penduduk. Namun, untuk PNS yang berada di Banten, setiap orangnya harus melayani 159 penduduk. Rasio di Jawa Barat dan DKI Jakarta pun cukup besar, yaitu 1:142, artinya setiap PNS bertanggung jawab untuk melayani 142 penduduk.

Apakah ketidakseimbangan rasio ini patut menjadi indikasi lemahnya perencanaan kebutuhan PNS per wilayah/instansi yang akhirnya akan berujung pada rendahnya mutu layanan kepada masyarakat?

The Worldwide Governance Indicators Reports yang dikeluarkan Bank Dunia periode 2015 menilai indikator efektivitas pemerintahan Indonesia masuk dalam kategori rendah.

Indikator itu menilai 6 dimensi, yaitu pendapatan dan akuntabilitas, stabilitas politik dan ketiadaan kekerasan, efektivitas pemerintah, kualitas regulasi, aturan hukum, dan pengendalian korupsi.

Pada 2010, skor Indonesia sebesar-0,20 dan menurun menjadi -0.22 di 2015. Di tingkat ASEAN, pada 2015, skor Indonesia masih kalah jauh dengan Singapura (2,3), Malaysia (1,0), Thailand (0,36) dan Vietnam (0,08). (Yuda Prihantoro)

 

Gaji PNS  2015-2017

Golongan I

Masa Kerja

A

B

C

D

0

1,486,500

 

 

 

1

 

 

 

 

2

1,533,400

 

 

 

3

 

1,623,400

1,692,100

1,763,600

4

1,581,700

 

 

 

5

 

1,674,500

1,745,400

1,819,200

6

1,631,500

 

 

 

7

 

1,727,300

1,800,300

1,876,500

8

1,682,900

 

 

 

9

 

1,781,700

1,857,000

1,935,600

10

1,735,900

 

 

 

11

 

1,837,800

1,915,500

1,996,500

12

1,790,500

 

 

 

13

 

1,895,700

1,975,800

2,059,400

14

1,846,900

 

 

 

15

 

1,955,400

2,038,100

2,124,300

16

1,905,100

 

 

 

17

 

2,016,900

2,102,300

2,191,200

18

1,965,100

 

 

 

19

 

2,080,500

2,168,500

2,260,200

20

2,027,000

 

 

 

21

 

2,146,000

2,236,800

2,331,400

22

2,090,800

 

 

 

23

 

2,213,600

2,307,200

2,404,800

24

2,156,700

 

 

 

25

 

2,283,300

2,379,900

2,480,500

26

2,224,600

 

 

 

27

 

2,355,200

2,454,800

2,558,700

Golongan II

Masa Kerja

A

B

C

D

0

1,926,000

 

 

 

1

1,956,300

 

 

 

2

 

 

 

 

3

2,017,900

2,103,300

2,192,300

2,285,000

4

 

 

 

 

5

2,081,500

2,169,500

2,261,300

2,357,000

6

 

 

 

 

7

2,147,000

2,237,900

2,332,500

2,431,200

8

 

 

 

 

9

2,214,700

2,308,300

2,406,000

2,507,800

10

 

 

 

 

11

2,284,400

2,381,100

2,481,800

2,586,700

12

 

 

 

 

13

2,356,400

2,456,000

2,559,900

2,668,200

14

 

 

 

 

15

2,430,600

2,533,400

2,640,600

2,752,300

16

 

 

 

 

17

2,507,100

2,613,200

2,723,700

2,838,900

18

 

 

 

 

19

2,586,100

2,695,500

2,809,500

2,928,300

20

 

 

 

 

21

2,667,500

2,780,400

2,898,000

3,020,600

22

 

 

 

 

23

2,751,600

2,867,900

2,989,300

3,115,700

24

 

 

 

 

25

2,838,200

2,958,300

3,083,400

3,213,800

26

 

 

 

 

27

2,927,600

3,051,400

3,180,500

3,315,100

28

 

 

 

 

29

3,019,800

3,147,600

3,280,700

3,419,500

30

 

 

 

 

31

3,114,900

3,246,700

3,384,000

3,527,200

32

 

 

 

 

33

3,213,100

3,348,900

3,490,600

3,638,200

Golongan III

Masa Kerja

A

B

C

D

0

2,456,700

2,560,600

2,668,900

2,781,800

1

 

 

 

 

2

2,534,000

2,641,200

2,752,900

2,869,400

3

 

 

 

 

4

2,613,800

2,724,400

2,839,700

2,959,800

5

 

 

 

 

6

2,696,200

2,810,200

2,929,100

3,053,000

7

 

 

 

 

8

2,781,100

2,898,700

3,021,300

3,149,100

9

 

 

 

 

10

2,868,700

2,990,000

3,116,500

3,248,300

11

 

 

 

 

12

2,959,000

3,084,200

3,214,700

3,350,600

13

 

 

 

 

14

3,052,200

3,181,300

3,315,900

3,456,200

15

 

 

 

 

16

3,148,300

3,281,500

3,420,300

3,565,000

17

 

 

 

 

18

3,247,500

3,384,900

3,528,100

3,677,300

19

 

 

 

 

20

3,349,800

3,491,500

3,639,200

3,912,600

21

 

 

 

 

22

3,455,300

3,601,400

3,753,800

3,912,600

23

 

 

 

 

24

3,564,100

3,714,900

3,872,000

4,035,800

25

 

 

 

 

26

3,676,400

3,831,900

3,994,200

4,162,900

27

 

 

 

 

28

3,792,100

3,952,600

4,119,700

4,294,000

29

 

 

 

 

30

3,911,600

4,007,000

4,249,500

4,429,300

31

 

 

 

 

32

4,034,800

4,205,400

4,383,300

4,568,800

Golongan IV

Masa Kerja

A

B

C

D

0

2,899,500

3,022,100

3,149,900

3,283,200

1

 

 

 

 

2

2,990,800

3,117,300

3,249,100

3,386,600

3

 

 

 

 

4

3,085,000

3,215,500

3,351,500

3,493,200

5

 

 

 

 

6

3,182,100

3,316,700

3,457,000

3,603,300

7

 

 

 

 

8

3,282,400

3,421,200

3,565,900

3,716,700

9

 

 

 

 

10

3,385,700

3,528,900

3,678,200

3,833,800

11

 

 

 

 

12

3,492,400

3,640,100

3,794,100

3,954,600

13

 

 

 

 

14

3,602,400

3,754,700

3,913,600

4,079,100

15

 

 

 

 

16

3,715,800

3,873,000

4,036,800

4,207,600

17

 

 

 

 

18

3,832,800

3,995,000

4,164,000

4,340,100

19

 

 

 

 

20

3,953,600

4,120,800

4,295,100

4,476,800

21

 

 

 

 

22

4,078,100

4,250,600

4,430,400

4,617,800

23

 

 

 

 

24

4,206,500

4,384,400

4,569,900

4,763,200

25

 

 

 

 

26

4,339,000

4,522,500

4,713,800

4,913,200

27

 

 

 

 

28

4,475,700

4,665,000

4,862,300

5,068,000

29

 

 

 

 

30

4,616,600

4,811,900

5,015,400

5,227,600

31

 

 

 

 

32

4,762,000

4,963,400

5,173,400

5,392,200