real
        time web analytics

Dari Kami

Teknik Gampang Mewarnai Pakai Cat Air


TOPCAREER.ID – Kalau kamu tertarik sama dunia ilustrasi seperti menggambar dan mewarnai, pernah coba mewarnai pakai cat air belum? Mewarnai pakai cat air sebetulnya patut dicoba dan untuk permulaan tidak terlalu sulit, apalagi jika menggunakan tiga teknik dasar mewarnai yang sederhana.

Sebenarnya ketika mewarnai dengan cat air, ada beberapa teknik yang bisa digunakan agar menghasilkan ilustrasi yang menarik. Namun, tiga teknik ini sudah pasti biasa diaplikasikan oleh siapapun yang ingin mewarnai dengan cat air.

Teknik Wet on Dry

Maksud teknik wet on dry di sini adalah ketika cat dengan campuran air (wet) kemudian disapukan kepada kertas gambar (dry). Ini benar-benar teknik dasar dalam mewarnai menggunakan cat air sehingga siapapun ketika mencoba pasti menggunakan teknik ini.

Pastikan area yang akan diberikan teknik wet on dry ini benar-benar kering dari air atau cat air sebelumnya. Hasil warna dari teknik wet on dry akan menampilkan warna yang tajam atau terkesan warna menimbulkan warna yang lebih tebal.

Teknik wet on dry ini juga mudah dilakukan dan sesuai digunakan untuk berbagai jenis media gambarnya.

Teknik Wet on Wet

Berbeda dengan wet on dry yang benar-benar disapukan ke permukaan kertas kering, kalau wet on wet kertas perlu dilapisi atau dibasahi dengan air terlebih dulu, baru kemudin disapukan warna. Jadi, kuas yang sudah diberi cat dan sedikit air, kemudian disapukan ke gambar yang sudah dibasahi air.

Menurut Ilustrator dari Egglustration, Alif Quita, pada teknik wet on wet ini mengibaratkan air sebagai kendaraan bagi cat untuk berjalan di permukaan kertas gambar. Hasil yang keluar biasanya warna lebih soft karena diselingi dengan air pada bagian-bagian yang diinginkan.

“Jadi kalau wet on wet itu kenapa dibasahin dulu karena biar nanti saat dikasih cat, cat itu akan meluas sesuai dengan air yang dibasahi tadi. Jadi, nanti bagian yang kering enggak akan kena cat, lebih halus,” kata Alif kepada TopCareer.id.

Teknik Dry Brush

Kalau teknik dry brush ini, kuas langsung dicampurkan ke cat, tetapi tidak menggunakan air sedikit pun sehingga kuas kering hanya berisi cat saja. Baru kemudian sapukan kuas yang bercat  itu ke area yang diinginkan.

Biasanya, kata Alif, teknik dry brush ini digunakan untuk menampilkan warna dengan gambar laut atau langit. Jadi kuas kering ketika disapukan ke kertas akan menampilkan warna dengan kesan terdapat space atau titik-titik renggang.

0 Comments

Lowongan Terbaru