real
        time web analytics

Dari Kami

Ada yang Baru Nih dari Seleksi Beasiswa LPDP


TOPCAREER.ID – Ada yang baru dari seleksi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2018 kali ini. Ada tahapan yang namanya Seleksi Berbasis Komputer (SBK). Seleksi ini digelar pada 10 Juli hingga 24 Juli 2018 bagi peserta program beasiswa dalam negeri.

Dilansir dari laman LPDP Kementerian Keuangan (lpdp.kemenkeu.go.id), seleksi berbasis komputer ini dilakukan atas kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang juga biasa menangani seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). SBK disebut sebagai pengganti dari seleksi online assessment yang dilakuan pada tahun sebelumnya.

“Seleksi yang bertujuan untuk menilai potensi akademik pendaftar beasiswa dalam menyelesaikan studi dengan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditentukan,” tulis dalam laman LPDP Kemenkeu.

Jadi, peserta yang mendapat nilai di atas passing grade bakal diberikan kesempatan untuk mengikuti pemetaan kompetensi dan penulisan esai sebagai bahan penilai pada seleksi substansi.

Untuk materi terkait test computer ini meliputi tes potensi akademik, soft competency, dan on the spot writing. Dan untuk menjangkau peserta di berbagai daerah, setidaknya ada 18 lokasi di Indonesia yang akan melaksanakan seleksi berbasis komputer, dari Aceh hingga Papua.

Bagi peserta beasiswa dalam negeri untuk program beasiswa reguler, beasiswa afirmasi (kecuali beasiswa santri dan BUDI), beassiwa dokter spesialis, pelaksanaanya sudah dimulai sejak 10 Juli, akan berakhir pada 24 Juli 2018. Dan penetapan hasil seleksi berbasi komputer pada 31 Juli 2018.

Sementara, untuk tahap dua, yakni beasiswa luar negeri untuk program beasiswa regular, dan semua beasiswa afirmasi (Afirmasi santri, perguruan tinggi tujuan dalam negeri dan luar negeri), SBK akan diselenggarakan pada 22 Oktober hingga 12 November 2018 jika dilihat sesuai jadwal. Dan penetapan hasil seleksi pada 17 November 2018.

Peserta yang lolos setelah tahap seleksi adminsitrasi pasti akan dikirim undangan untuk melajutkan seleksi SBK ini. Dalam undangan individu itu akan tertera di mana tempat seleksi SBK serta waktu pelaksanaanya.

Untuk wilayah Jakarta, ada dua tempat yang dijadikan tempat pelaksanaan SBK, yakni di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat (Jl. Mayjend Sutoyo No.12, Cililitan, Jakarta Timur) dan Kantor Regional (Kanreg) V BKN Jakarta (Jl. Ciracas Raya No.36, RT.2/RW.11, Klp. Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur).

0 Comments

Lowongan Terbaru