real
        time web analytics

Dari Kami

Anda Tipe Rekan Kerja yang Seperti Apa? Cek di Sini


TOPCAREER.ID – Ada beragam jenis kepribadian dalam satu kantor, pun dari beragam latar belakang. Dari perbedaan itu, maka akan ada banyak ragam rekan kantor yang ditemui. Seorang penulis dan juga jurnalis dari Amerika Serikat, Sammi Caramela mencatat setidaknya ada lima rekan kerja paling umum yang ada di perkantoran saat ini. 

Coba  jawab 10 pertanyaan berikut, Anda akan tahu Anda merupakan tipe rekan kerja yang seperti apa. 

1. Kereta ke tempat kerja Anda mengalami gangguan. Apa reaksi awal Anda?

A. Tumbuhkan amarah, bisu, dan coba whatsapp rekan kerja Anda untuk simpati.

B. Duduk dan rileks. Bukan salah Anda jika kereta tidak pernah tepat waktu.

C. Bercanda tentang keterlambatan penumpang di sekitar Anda. Setidaknya Anda semua berada di kapal yang sama.

D. Beri tahu atasan Anda, keluarkan laptop Anda dan mulailah bekerja untuk hari itu.

E. Pasang headphone Anda dan mulai membca apapun di media sosial.

2. Seseorang menelepon Anda pada smartphone pribadi Anda di tempat kerja. Apa yang kamu lakukan?

A. Mengerang dan berteriak-teriak tentang penelepon penipuan dan pesan suara ibumu yang tanpa henti.

B. Coba untuk keluar kantor dan jawab telepon tersebut.

C. Jawab panggilan di meja Anda dengan aksen lucu.

D. Kirim panggilan langsung ke voicemail dan isi ponsel Anda di tas Anda.

E. Abaikan panggilan dan beritahu penelepon (texting) itu sebagai gantinya.

3. Bos Anda menugaskan tim dengan tugas yang sangat sulit. Apa langkah pertama Anda?

A. Menjadi jengkel, karena jenis pekerjaan itu tidak ada dalam deskripsi pekerjaan Anda.

B. Dikerjakan sampai Anda selesai dengan pekerjaan Anda saat ini, kapan pun itu.

C. Mengomentari secara sarkastik tentang betapa mudahnya dan betapa bersemangatnya Anda memulai.

D. Rencanakan perinciannya segera dan tanyakan kepada kolega Anda apakah mereka membutuhkan bantuan untuk bagian mereka.

E. Menganalisis proyek secara independen untuk lebih memahami tanggung jawab Anda.

4. Seseorang berbicara sangat keras, dan Anda tidak dapat fokus pada pekerjaan Anda. Bagaimana Anda menangani masalah ini?

A. Huh, texting kolega lain tentang betapa kasarnya orang itu, dan mengejek mereka sampai mereka tenang.

B. Bergabunglah dengan mereka! Apakah Anda diharapkan tidak berbicara selama delapan jam penuh?

C. Panggil orang itu keluar dengan membuat lelucon ringan.

D. Beri tahu orang itu dengan sopan agar Anda tidak terganggu.

E. Masukkan headphone Anda dan dengarkan musik yang tenang untuk menghilangkan obrolan.

5. Bos Anda mengajak Anda makan siang bersama tim. Apa tanggapan Anda?

A. "Kita tidak akan pergi ke tempat yang sama dengan yang kita kunjungi terakhir kali, kan?"

B. "Aku selalu turun untuk jalan-jalan! Kapan kita pergi? Aku akan berkemas sekarang."

C. "Jika ada di kartu perusahaan!"

D. "Selama kita tidak terlalu lama. Aku kebanjiran hari ini."

E. "Saya membawa makan siang, tetapi terima kasih telah bertanya."

6. Anda menginginkan promosi. Apa yang Anda lakukan tentang hal itu?

A. Beri tahu atasan Anda bahwa Anda sengsara di posisi saat ini dan ingin melakukan perubahan.

B. Mencari cara untuk mendapatkan bayaran lebih banyak sambil melakukan jumlah pekerjaan yang sama.

C. Buktikan kepada atasan Anda bahwa kepribadian Anda membuat karyawan tetap terlibat dan optimis. Apa lagi yang bisa Anda minta dari seorang pemimpin?

D. Persiapkan sebuah proposal di mana Anda menjabarkan kualifikasi Anda dan daftar harapan Anda, lalu pilih waktu yang tepat untuk berbicara dengan manajer Anda.

E. Tanyakan kepada manajer Anda jika Anda dapat menjadwalkan pertemuan empat mata untuk membahas peluang berkembang.

7. Anda membuat kesalahan pada proyek dan sekarang akan kehilangan tenggat waktu. Bagaimana Anda memberi tahu manajer Anda?

A. Katakan kepada mereka Anda tidak diberi instruksi yang tepat untuk proyek tersebut dan merasa kewalahan, itulah sebabnya Anda mengacau.

B. Gunakan kesalahan Anda sebagai alasan yang sah untuk tidak membuat tenggat waktu, meskipun Anda menundanya selama berhari-hari dan toh tidak akan berhasil.

C. Sanggup melakukannya dan tertawa. Semua orang membuat kesalahan!

D. Panik, cari cara untuk memenuhi tenggat waktu dan melakukan pekerjaan ekstra untuk menebusnya.

E. Singkirkan mereka dan jelaskan apa yang salah, minta maaf tanpa henti.

8. Bos Anda meminta Anda untuk tetap lembur di tempat kerja, tetapi Anda memiliki rencana makan malam dengan seorang teman. Apa yang kamu lakukan?

A. Tetap terlambat, tetapi mengeluh kepada teman tentang betapa tidak adilnya manajer Anda.

B. Beri tahu atasan Anda bahwa Anda memiliki "komitmen sebelumnya" dan pergi pada jam normal (yang secara teknis terlambat untuk Anda).

C. Tetap dan pastikan semua orang positif dengan humor jenaka Anda.

D. Setuju tanpa pikir panjang. Anda terbiasa tinggal larut malam.

E. Tetap lembur tanpa menyuarakan keprihatinan, meskipun Anda ingin pulang dan bersantai.

9. Ini musim liburan di kantor! Bagaimana kamu merayakannya?

A. Dengan menangis tentang betapa kesepiannya dirimu sepanjang tahun ini.

B. Dengan mengambil waktu istirahat pribadi.

C. Dengan menjadi sedikit terlalu mabuk dan bermain Dance Dance Revolution di pesta kantor.

D. Dengan membeli semua orang hadiah untuk mereka sendiri.

E. Dengan memanggang sesuatu untuk tim.

10. Sikap buruk Anda yang mana yang bisa mendapat masalah besar?

A. Sikap buruk Anda.

B. Tidak menetapkan deadline.

C. Tidak melakukan pekerjaan dengan cukup serius.

D. Bekerja lebih dari jam yang diberikan.

E. Tidak cukup menyuarakan pendapat Anda.

Hasil

Hitung jumlah A, B, C, D, dan E yang Anda jawab, dan lihat hasil di bawah ini. Jika Anda mendapat:

Sebagian besar A

Anda adalah pengeluh. Apapun yang terjadi di kantor, Anda selalu dapat menemukan sesuatu untuk dikeluhkan. Mungkin mendapatkan simpati mengambil jalan pintas, atau mungkin Anda hanya ingin curhat. Apapun itu, cobalah menjadi sedikit lebih positif - untuk diri sendiri dan tim Anda.

Sebagian besar B

Anda adalah penunda. Anda menunda kerja selama mungkin dan berkutat pada gangguan apapun. Meskipun Anda mungkin membuat tenggat waktu, Anda biasanya berjuang untuk menyelesaikan proyek tepat waktu, mengurangi kualitas pekerjaan Anda. Mulailah memprioritaskan tugas Anda dan mengorganisasikannya dengan cara yang masuk akal bagi Anda dan perusahaan Anda.

Sebagian besar C

Anda adalah komedian. Anda suka membuat kolega Anda tertawa, bahkan jika itu berarti mereka teralihkan. Anda menggunakan semua bentuk humor, dari yang receh dan garing, dan tidak pernah gagal untuk mendapatkan senyum bahkan dari The Complainer. Tapi walaupun senang memiliki komik di kantor, Anda harus menarik garis di suatu tempat.

Kebanyakan D

Anda adalah The Overachiever. Jika Anda tidak menyelesaikan tugas Anda sendiri beberapa hari sebelumnya, Anda menerima kelonggaran orang lain. Anda benar-benar peduli dengan perusahaan dan karier Anda, dan Anda praktis akan melakukan apa saja untuk pekerjaan Anda. Tetapi penting bagi Anda untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda, dan memastikan bahwa Anda tidak dimanfaatkan.

Sebagian besar E

Anda adalah The Introvert. Anda menjaga diri sendiri untuk sebagian besar, berfokus pada pekerjaan independen Anda dan lebih menyukai konferensi satu lawan satu daripada pertemuan kelompok. Tidak ada yang salah dengan etos kerja, tetapi mungkin bermanfaat bagi Anda untuk bercabang dan berbicara dari waktu ke waktu, mengajukan gagasan dan menjalin ikatan dengan rekan kerja.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills