real
        time web analytics

Dari Kami

Anggaran Digital Marketing Indonesia Rp1,9 Miliar per Tahun


TOPCAREER.ID – Berdasarkan survei pasar yang dilakukan oleh GetCarft pada 2017, rata-rata anggaran digital di Indonesia sekitar Rp1,9 miliar per tahun. Sebesar 25 persen responden bisa menghabiskan biaya untuk strategi pemasaran ini Rp251 juta sampai Rp500 juta. Sementara, 20,69 persen responden punya anggaran Rp1 miliar sampai Rp3 miliar untuk digital marketing

“Anggaran digital marketing di Indonesia umumnya berkisar dari Rp1 miliar sampai Rp2 miliar, dengan sebagian besar brand menghabiskan 11-20 persen dari total anggaran pemasaran mereka,” kata Co-Founder dan CEO GetCraft, Patrick Searle dalam laporan Indonesia’s Digital and Content Marketing Report in 2017.

Hal itu bisa dikatakan, tambah dia, lantaran ada beberapa kemungkinan karakteristik berbeda yang menghabiskan biaya ke digital marketing dengan jumlah besar. Faktornya, fakta bahwa mereka dapat mengukur, mengoptimalkan, dan melihat hasil keseluruhan yang lebih baik, dan tren ini terus meningkat.

Dari laporan tersebut juga menyebutkan bahwa secara makro, meningkatnya anggaran untuk digital marketing di Indonesia didorong faktor utama dari kondisi pasar, seperti efektivitas social media yang intensif, jumlah pengguna smartphone dan internet yang terus naik, serta baiknya infrastruktur telekomunikasi.

E-commerce, industri keuangan, industri FMCG (fast moving consumer good), dan gaming, merupakan industri-industri utama yang mendorong pertumbuhan belanja iklan digital di Indonesia,” dikutip dalam laporan GetCraft.

Selain faktor tersebut, daya beli generasi millenial sebagai generasi digital native ini juga ikut mendorong peningkatan anggaran digital marketing di Indonesia. Apalagi generasi ini tengah memasuki kehidupan belanja yang tinggi, kemudian memiliki karier yang tetap, memulai rumah tangga.

Generasi milenial yang sudah melek teknologi hingga digital savy, membuat brand meningkatkan kampanye digital mereka untuk mengjangkau kelompok ini. Dan sering berjalannya waktu, akan lebih efisien dalam melakukan kampanye digital.

GetCraft juga menyebut faktor naiknya biaya digital marketing yang dihabiskan lantaran adanya dukungan pemerintah. Dukungan tersebut berupa investasi sebesar USD1,5 miliar dalam koneksi internet berkecepatan tinggi.

0 Comments

Lowongan Terbaru