real
        time web analytics

Dari Kami

Angle-Angle yang Wajib Dipotret Saat Acara Pernikahan


TOPCAREER.ID – Bagi fotografer wedding yang sudah berpengalaman, pasti paham angle-angle yang harus diambil saat momen sakral itu dipotret. Jepretan sepasang sepatu misal, jadi salah satu angle yang wajib dimiliki oleh fotografer wedding saat hari pernikahan. 

Fotografer internasional, Peter Treadway mengatakan hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat mengambil foto detail pernikahan adalah bagaimana dan di mana setiap foto dapat digunakan. Peter berbagi soal angle apa yang harus diambil oleh fotografer wedding

Sepatu dan Aksesori

Mungkin sempat berpikir bahwa mereka (klien) tidak akan tertarik dengan foto sepatu, namun potret sepatu yang bagus dalam kondisi alami (dengan logo kotak berlambang jika merek mahal atau buatan), akan selalu dihargai.

Untuk pengantin perempuan, ambil foto perhiasan pernikahan dengan sepatu, bersama dengan barang-barang lain seperti hadiah apapun yang diberikan oleh pengantin laki-laki. Mengambil angle sepatu dengan gaun pengantin yang digantung juga merupakan sentuhan yang bagus.

Lensa terbaik untuk mengambil foto ini bisa apa saja dengan aperture yang cukup lebar untuk membuang latar belakang dari fokus. Hal ini akan membuat fokus khusus pada sepatu.

“Saya cenderung menggunakan lensa 35mm f/1.8. Ini memungkinkan saya untuk mempercantik serta mempertajam foto dan detail secara maksimal. Ini juga memungkinkan saya mendapatkan lebih banyak frame (seperti bagian dari gaun) jika saya mundur sedikit,” ujar Peter dalam laman Expert Photography. 

Jika tidak memiliki lensa bukaan yang lebar, maka trik lain adalah memberi cahaya pada sepatu dan memaparkan sorotan. 

Bunga-bunga

Ambil angle bunga dengan latar belakang yang netral atau polos.  Seperti halnya sepatu, ambil beberapa sudut, off-camera light, atau cahaya alami yang menyebar dari jendela, akan membuat gambar menjadi hidup.

“Untuk karangan bunga dan buttonholes (pin bunga di kantung pengantin laki-laki), saya cenderung menggunakan focal length yang lebih panjang jika saya di ruangan, biasanya kisaran 135-200mm. Ini untuk memanfaatkan kompresi yang ditawarkan oleh lensa yang lebih panjang ini untuk memberikan kedalaman bidang yang lebih pendek.”

Detail Upacara

Tentu saja, detail upacara pernikahan jadi hal penting dan momen yang wajib diambil oleh fotografer wedding. Pikirkan pengaturan bunga yang sesuai dengan buket pengantin, lembar musik pianis (karena pasangan cenderung telah meminta lagu-lagu ini sendiri), atau item kreatif lainnya yang ditambahkan, yang menggambarkan minat atau hobi pasangan.

“Fotografer kemungkinan dilarang menggunakan flash selama acara ini. Lensa dengan wide aperture (bukaan lebar) dari focal length manapun akan memungkinkan banyak cahaya masuk sehingga bisa mengekspos jepretanmu dengan benar tanpa terlalu banyak menaikkan ISO,” papar Peter.

Pesta pernikahan

Gambar detail pesta pernikahan adalah salah satu tugas yang lebih mudah pada hari itu. Fotografer biasanya bisa memotret bagian ini dengan hanya berkeliling saat waktu makan atau setelah upacara.

Gambar bros rambut pengantin, bersama dengan bagian apapun dari gaun pengiring pengantin atau jas pengiring laki-laki yang unik dan menonjol. Lensa yang digunakan sepenuhnya bergantung pada candid seperti apa yang dipotret. Menghasilan foto menarik pada bagian ini lebih kepada momen dan peluang, ketimbang pemilihan lensa. 

Cincin

Tidak diragukan lagi, foto ini jadi hal paling penting dari semua gambar detail pernikahan. Pikirkan untuk menggantung cincin di ranting kecil cabang pohon. Kamu dapat menggunakan perapian besar, piano atau mungkin vas hiasan atau hanya menggunakan mobil pernikahan.

Sentuhan-sentuhan kecil seperti ini akan membawa pasangan pada kenangan tempat tersebut setiap kali mereka melihat foto. Selalu perhatikan latar belakang atau properti yang mengindikasikan tempat kamu berada.

Mengingat sifat dan ukuran cincin yang paling rumit, lensa makro sekitar 100mm berfungsi paling baik di sini. Tetapi jika tidak memilikinya, coba potret saja bagian balik cincin (yang kerap diukir nama). Itu akan berfungsi dengan baik untuk angle close up yang ekstrim sehingga membantu untuk ketajaman dan detail maksimum.

Ruang Resepsi

Dari semua detail foto pernikahan, ini juga waktu penting. Dapatkan beberapa shoot di atas meja. Shoot ini harusnya bisa menunjukkan semua atau sebagian besar setting, setting tempat buku tamu, (atau benda jika dipersonalisasi atau tidak biasa), souvenir untuk tamu, serta setting bunga dan perhiasan di tengah meja.

Untuk pilihan lensa, ada beberapa opsi. Pertimbangkan untuk menggunakan primer 35mm atau 50mm untuk pusat close-up dan meja. Hal ini untuk memaksimalkan ketajaman dan detail, dengan bukaan lebar.

Untuk pemotretan seluruh ruangan, lensa apapun dari 16mm hingga 24mm akan bekerja dengan baik, tergantung pada ukuran ruangan. Ingat bahwa dengan wide angle shoot, ukuran aperture kurang penting karena hampir semuanya akan menjadi fokus.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru