real
        time web analytics

Dari Kami

Apa Jawabanmu Jika Ada Pertanyaan, 'Apa Kelebihan Anda'


TOPCAREER.ID – Jika menjalani tahapan wawancara kerja, mungkin kamu pernah mendapati pertanyaan, “Apa Kelebihan Anda?” Jika demikian apa jawabanmu? 

Pertanyaan ini kadang juga muncul dalam bentuk lain, seperti "Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?". Dengan sedikit persiapan, Anda pasti bisa memberi jawaban yang membuat pewawancara mengangguk puas.

Pilih sesuai kebutuhan

Daripada menjabarkan sederet sifat positif Anda, pilih satu atau dua yang Anda rasa benar-benar akan meningkatkan peluang Anda dipekerjakan. Untuk ini, Anda perlu meneliti job description yang tertera di lamaran. Misalnya posisi yang Anda lamar ini mengharuskan Anda untuk banyak berinteraksi dengan klien, jadi katakan kalau kekuatan Anda ada di segi komunikasi, fleksibilitas, dan kreativitas.

Jangan sombong

Anda tentu ingin membuat pewawancara kagum, tapi hati-hati jangan sampai memberi kesan sombong. Motif utama di balik pertanyaan ini adalah untuk memastikan kelebihan Anda sejalan dengan visi misi perusahaan, kecocokan Anda dengan anggota tim, dan memahami apa yang membuat Anda unggul dibanding kandidat lain. 

Hal ini terlebih penting jika perusahaan tersebut dibanjiri lamaran dari kandidat-kandidat lain yang juga memenuhi kualifikasi. Satu keunikan atau kelebihan ekstra mungkin menjadi kunci perusahaan dalam mengambil keputusan.

Dukung dengan bukti

Tidak cukup hanya menjawab apa kelebihan Anda. Elaborasi jawaban Anda dengan menceritakan pencapaian apa saja yang mencerminkan kelebihan Anda tersebut. Mungkin kelebihan Anda terletak di jiwa kepemimpinan, jadi ceritakan kisah ketika Anda sukses memegang sebuah proyek besar yang mengharuskan Anda untuk mengepalai sejumlah bawahan. Dengan begitu, pewawancara tahu kalau Anda tidak hanya memiliki keunggulan yang dicari oleh perusahaan, tapi juga punya track record sebagai pembuktian.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills