real
        time web analytics

Dari Kami

Apa yang Dilihat Tim Rekrutmen dari Profil LinkedIn


TOPCAREER.ID - Saat ingin mencari pekerjaan, profil LinkedIn adalah sumber daya informasi 24/7 untuk perekrut yang mencari bakat. Faktanya, dalam Laporan Recruiter Nation Jobvite 2016, 87 persen perekrut menilai bahwa LinkedIn paling efektif dalam memeriksa kandidat selama proses perekrutan.

Tetapi apa yang benar-benar menarik perhatian perekrut ketika mereka menelusuri profil LinkedIn? 

Profil tidak lengkap bisa ditolak

Ketika Cassandre Joseph, visioner dan ahli strategi akuisisi bakat senior di perusahaan rekrutmen Korn Ferry, melihat profil, dia ingin melihat pengalaman kerja, pendidikan, dan prestasimu. Profil yang tidak lengkap membuatnya lebih sulit untuk menentukan apakah kandidat cocok untuk pekerjaan itu, karena dia tidak mendapatkan gambaran keseluruhan. 

“Saya menemukan profil seseorang dan menurut profil mereka bekerja di empat tempat berbeda secara bersamaan. Mereka menambahkan tempat-tempat baru, tetapi tidak menentukan tanggal akhir. Itu mengatakan mereka belum memperbarui profil LinkedIn mereka dalam jumlah X tahun,” kata Joseph dalam Fast Company.

Jangan gunakan Foto selfie

Menurut pakar resume dan konsultan pencarian tetap, Donna Svei, foto profilmu membuat kesan pertama, jadi coba lebih usaha untuk hal tersebut. Foto profilmu harus terlihat profesional dan mewakili pekerjaan yang dicari. Foto selfie dan liburan memberi tahu perekrut bahwa kamu tidak bisa diganggu untuk terlihat lebih profesional.

Siapa yang kamu “tahu”

Molly O'Malley, seorang perekrut tetap di Adams Keegan, perusahaan manajemen SDM dan penyedia layanan pemberi kerja mengatakan bahwa profil dengan hanya beberapa kontak juga tidak menarik. Orang yang paling efektif memiliki jaringan yang kuat, dan profil LinkedIn harus menyatakan hal itu. Tidak perlu ribuan, tetapi 300 atau lebih ideal. Jadi, tambah kontakmu sebelum mencari pekerjaan baru.

Ketidaksesuaian adalah bendera merah

Cassandre Joseph mengatakan perekrut sering melihat profil untuk mengkonfirmasi informasi tentang seorang kandidat. Jadi, ketika tanggal bekerja, jabatan, atau fakta lain berbeda di profil dan resume, seorang perekrut mungkin khawatir tentang seberapa detail kamu — atau kamu dianggap tidak jujur. 

Recruiter melihat aktivitasmu

Melanie Lundberg, asisten wakil presiden bidang manajemen bakat dan komunikasi perusahaan untuk Combined Insurance menyatakan bahwa selama pencarian kerja, pertahankan profil aktif. “Baca feed berita, bagikan konten, komentar — ini menunjukkan tingkat keterlibatan profesional,” katanya. 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait