real
        time web analytics

Dari Kami

Aroma Kopi Bisa Permudah Kerjakan Soal Matematika


TOPCAREER.ID – Jika buntu saat harus berhadapan dengan rumus matematika, mungkin secangkir kopi dan aromanya itu bisa membantu. Sebuah studi mengatakan bahwa kopi atau setidaknya aroma kopi dapat meningkatkan kinerja dalam matematika. 

Studi tersebut bersumber dari Stevens Institute of Technology di Hoboken, New Jersey. Para peneliti menemukan bahwa orang yang terkena aroma seperti kopi berkinerja lebih baik pada bagian matematika dari Graduate Management Aptitude Test (GMAT), semacam ujian masuk untuk sekolah bisnis.

Yang memimpin penelitian ini adalah Adriana Madzharov, seorang profesor bisnis. Dia dan tim peneliti mengambil 100 mahasiswa bisnis sarjana, membaginya menjadi dua kelompok, dan meminta mereka mengambil tes aljabar 10-pertanyaan dari GMAT (Graduate Management Aptitude Test).

Kelompok kontrol mengikuti tes di satu ruangan. Yang lain melakukan pekerjaan mereka di ruangan yang berbau kopi. Mereka yang ada di ruang kopi "lebih baik secara signifikan."

Dalam survei lanjutan terhadap 200 subjek baru, para peneliti bertanya tentang sikap terhadap aroma yang berbeda, seperti: tanpa aroma, aroma bunga, dan kopi. Orang mengira bahwa aroma kopi akan membuat mereka merasa lebih energik.

“Bukan hanya aroma seperti kopi membantu orang tampil lebih baik dalam tugas analitis, yang sudah menarik,” kata seorang penulis penelitian, Adriana Madzharov, dalam sebuah pernyataan yang dipublish di Journal of Environmental Psychology. 

“Tetapi mereka juga berpikir mereka akan melakukan yang lebih baik, dan kami menunjukkan bahwa harapan ini setidaknya sebagian bertanggung jawab atas peningkatan kinerja mereka.”

Para peneliti menyimpulkan bahwa itu semua adalah efek plasebo. Aroma kopi membuat orang percaya bahwa mereka akan lebih waspada dan siap menghadapi masalah itu. Karena mereka percaya, mereka bisa.

Madzharov berencana untuk melihat efek plasebo lain yang mungkin dimiliki oleh aroma kopi, misalnya, apakah itu dapat meningkatkan penalaran verbal. Sekarang, benar, menurut penelitian, subjek tidak perlu benar-benar minum kopi. Sudah cukup untuk menciumnya. Tidak perlu kafein. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills