real
        time web analytics

Dari Kami

Arti Pangkat Bar di Pundak Pilot


TOPCAREER.ID - Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan tanda pangkat yang ada dipundak setiap pilot. Tapi tahukah kamu arti dari setiap bar yang dimiliki oleh pilot?

Kapten Pilot Batik Air, Vincent Raditya, menjelaskan bahwa bar adalah seragam sebuah perusahaan. Jadi perusahaan memiliki ketentuan bahwa orang-orang yang akan bekerja di sana harus menggunakan seragam. Menurutnya, perusahaan juga yang akan menentukan apa jobdesk dari setiap bar yang dikenakan di pundak pilot.

“Tentunya airline memiliki beda-beda porsinya antara setiap bar. Ambil contoh di tempat saya bekerja, untuk bar satu akan digunakan oleh co-pilot dengan jam terbang mulai dari 0-500 jam. Nah, di atas 500 jam, maka mereka akan menggunakan bar dua. Sementara di atas 2500 jam mereka akan menggunakan bar tiga. Baru setelah mereka upgrading mereka menggunakan bar empat,” tutur Kapten Vincent.  

Pada saat bersamaan Kapten Vincent juga menekankan agar setiap masyarakat atau penumpang tidak menyamakan arti setiap bar dari maskapai penerbangan. Tentunya di setiap maskapai akan memiliki aturan yang berbeda, dan tidak bisa dipukul rata.

“Kalau maskapai luar negeri, tentunya ada juga yang menggunakan bar satu sebagai pramugaranya, ada pula yang mengenakan bar dua sebagai second officer, tapi ada pula yang co-pilot menggunakan bar satu. Semua bar tergantung dengan apa yang diberikan perusahaan tentang apa arti tanda pangkat tersebut. ada juga pilot yang memiliki tanda bintang di pangkat mereka. Bintang ini mungkin mereka Company Check Pilot (CCP), ada pula yang terdapat bunganya. Lain negara dan lain perusahaan memiliki policy dan seragam yang berbeda,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tujuan utama setiap perusahaan memberikan pangkat pada bar yang digunakan pada pundak seorang pilot, mereka akan diberikan range sesuai dengan urutannya. Tentu ini akan memudahkan bagi orang yang hendak terbang. Intinya airline di seluruh dunia akan menentukan apa arti dari setiap bar untuk semua pilot yang bekerja untuk mereka.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills