real
        time web analytics

Dari Kami

Asyik! Dapet Ilmu Masak Aplikatif yang Enggak Ada di Sosmed


TOPCAREER.ID – Lewat terselenggaranya kelas “Variety of Modern Cheese Cake” bersama Chef Muhammad Septian Hidayat pada Minggu (19/8/2018) lalu, membuat peserta memperoleh ilmu baru yang tak bisa didapat dengan belajar sendiri atau resep media sosial. 

“Seru sih jadi lebih tahu tips dan triknya. Minimal kami tahu praktiknya, kami tahu dari ahlinya langsung, kalau di Youtube kan enggak bisa nanya,” kata salah satu peserta workshop “Variety of Modern Cheese Cake”, Asni Kurniati kepada TopCareer.id.

Workshop membuat dessert cheesecake ini mengajarkan bagaimana membuat tiga varian cheesecake yang kerap jadi kesukaan orang, yakni Japanese Cheesecake, Steam Cheesecake, dan Hokkaido Cheesetart. 

Menurut Asni, lewat kelas memasak seperti ini, ia yang gemar mencoba-coba menu baru masakan, bisa langsung bertanya tips trik yang lebih aplikatif dan dipraktikkan di rumah. Apalagi, jawaban langsung dari seorang chef pastinya akan berguna. 

Asni sebagai ibu rumah tangga yang juga bekerja, sering melihat resep memasak di Youtube untuk kemudian dipraktikkan. Namun, kadang informasi yang ia dapatkan ketika memulai praktik tidak lengkap, jadi terbatas. 

“Kalau di Youtube kan kadang dikasihtahu pokoknya sampai lembut aja. Kalau itu (kelas memasak) kan kami melihat konsistensinya benar. Sekaligus bisa melihat langsung sih praktiknya,” ujar Asni. 

Tak hanya diajarkan praktik serta tips trik dalam membuat cheesecake. Kelas “Variety of Modern Cheese Cakeby Skills.id juga mengajarkan bagaimana menghitung ongkos produksi bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis cheesecake

Namun, bagi Asni materi hitung-hitungan biaya itu juga bermanfaat baginya meski tak berniat membuka jalur bisnis cheesecake

“Untuk ibu rumah tangga costing juga penting. Misalkan kami mau bikin kue sering, kan enggak mungkin bikin dengan bahan yang bagus-bagus terus. Kadang bisa diakalin. Kalau di rumah adanya bahan ini misal, bisa enggak, lalu yang ekonomis bagaimana.”

Rasa Excited Modal Penting

Muhammad Septian Hidayat sebagai chef pengajar pada kelas “Variety of Modern Cheese Cake” mengaku bahwa yang terpenting bagi dirinya saat mengajar adalah rasa excited dari para peserta. Menurutnya, rasa excited itu juga yang jadi modal bagi para peserta. 

“Yang penting yang perlu dibawa itu adalah excited dan ibu-ibu (peserta) ini punya semangat itu, ibaratanya saya ngajarin enggak sia-sia. Kalau yang enggak mau dan enggak niat belajar kan jadi sia-sia,” ucap Septian.

Septian menyampaikan bahwa wajar bila baru pertama mulai dalam dunia baking, akan ada beberapa kesalahan yang dilakukan. Buat dia, itu bukanlah kendala berarti saat mengajar, asal proses belajar dipenuhi semangat. 

“Masih awal belajar wajar melakukan beberapa kesalahan. Step-nya ada yang bingung, ada yang over mixed, itu teknis lah, wajar pertama belajar enggak bisa langsung perfect. Rata-rata masih belajar, ada beberapa emang pernah bikin kue sebelumnya.”

 

0 Comments

Lowongan Terbaru