real
        time web analytics

Dari Kami

Asyik, Punya Kesempatan Ngajar di Australia dan Digaji Besar


TOPCAREER.ID – Hampir setiap tahun Balai Bahasa Indonesia Perth (BBIP) mengadakan Program Pendampingan Bahasa (Language Assistant Program). Siapapun yang ikut program ini nantinya bakalan mengajar bahasa serta mengenalkan budaya Indonesia kepada murid-murid di Australia. Bagaimana persyaratan kalau mau ikutan?

“Yang perlu ditegaskan, ini adalah program pendampingan, mendampingi guru bahasa Indonesia yang ada di sekolah itu, bukan untuk menjadi guru di Australia seperti yang dimuat forum-forum beasiswa,” kata Karen Bailey, kepala Balai Bahasa Indonesia Perth atau BBIP dalam laman ABC Indonesia.

Guru-guru ini bakal menjadi pendamping guru Australia selama satu tahun. Untuk periode 2019, bakal terhitung mulai Januari 2019 hingga Desember 2019. Salah satu syaratnya, dilansir dari laman balaibahasaperth.org, yakni lulusan Sarjana (S1) dari jurusan pendidikan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Persyaratan

- Usia berada di bawah 31 tahun per 31 Desember 2019 sesuai dengan ketentuan visa imigrasi Australia.

- Bergelar sarjana (S1) jurusan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

- Memiliki kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan yang baik. (skor IELTS minimal 6.5 atau setara TOEFL 600).

- Melakukan pemeriksaan kesehatan bila terpilih.

- Siap dan bersedia ditempatkan di lokasi mana saja di wilayah Australia Barat.

- Mengatur sendiri dokumen perjalanan (visa dan paspor), tiket perjalanan ke Perth, asuransi kesehatan dan biaya lain yang dibutuhkan.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

- Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Inggris.

- Melengkapi formulir aplikasi yang bisa diunduh dari balaibahasaperth.org.

- Surat rekomendasi atasan atau pembimbing langsung.

- Mengirim esai singkat dalam bahasa Inggris minimal 500 kata tentang motivasi serta alasan mengapa berminat untuk ambil bagian dalam program ini.

- Salinan skor TOFL, ijazah, dan transkrip nilai.

- Surat pernyataan penjamin bahwa penjamin bersedia membiayai transportasi peserta ke Indonesia apabila terjadi kondisi darurat. Terdapat nomor telepon yang dibutuhkan jika ada wawancara online selama proses seleksi.

- Surat pernyataan bahwa peserta tidak akan membawa keluarga selama program.

- Surat pernyataan bersedia membiayai seluruh kebutuhan terkait program.

- Surat pernyataan bersedia ditempatkan di mana saja di wilayah Australia Barat.

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Setelah dokumen lengkap, maka kamu bisa kirim ke lap@balaibahasaperth.org. Jangan lupa untuk mencantumkan detail kontak nama, alamat, alamat email dan nomor telepon yang aktif. Untuk periode 2019, pendaftaran ini akan berakhir pada 23 Juli 2019.

Dapat Gaji Menggiurkan

Untuk tahun depan ada empat guru muda asal Indonesia yang berkesempatan menjadi pendamping guru di Australia Barat. Selain mengajar anak-anak Australia, guru-guru Indonesia ini juga membantu duta besar dalam memperkenalkan budaya Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia.

Guru-guru ini juga dipekerjakan oleh Departemen Pendidikan sebagai asisten pendidikan sehingga berhak menerima gaji dengan jumlah sekitar AUD1.400 setiap dua minggu. Jika dirupiahkan sekitar Rp14.840.000 per dua minggu (AUD1=Rp10.600).

“Gaji mereka didanai oleh Departemen Pendidikan Australia Barat,” ucap Karen Bailey.

0 Comments

Lowongan Terbaru