real
        time web analytics

Dari Kami

Atlet-Atlet Ini Catat Sejarah Baru Bagi Indonesia di Asian Games 2018


TOPCAREER.ID – Asian Games 2018 masih berlangsung, namun atlet-atlet Indonesia sudah mencatat sejarah-sejarah baru lewat prestasinya. Seperti torehan prestasi Defia Rosmaniar yang mampu meraih medali emas pertama bagi Indonesia di Asian Games 2018, sekaligus mencatat sejarah baru. 

Apa saja sejarah-sejarah yang berhasil dicatat oleh atlet Indonesia di turnamen multi-olahraga sekelas Asian Games ini?

Medali Emas Pertama Taekwodo 

Ketika Defia Rosmaniar berhasil meraih emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018 pada cabang olahraga poomsae taekwondo, warga Indonesia memberikan apresiasi yang luar biasa. Apalagi, capaian prestasi Defia ini menciptakan sejarah baru untuk taekwondo Indonesia di Asian Games. 

Raihan medali emas lewat Defia, menjadi yang pertama kali dari atlet Indonesia cabang olahraga taekwondo di sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Asian Games. Selama Asian Games, atlet taekwondo Indonesia mampu mengoleksi enam perak dan delapan perunggu, belum pernah meraih emas.

Medali Emas Pertama Angkat Besi

Tak hanya dari Defia, medali emas juga diraih oleh cabang olahraga angkat besi, yakni dari Eko Yuli Irawan dari kelas 62 kg putra. Medali ini merupakan medali emas pertama yang diraih Eko Yuli di pentas Asian Games, sekaligus sebagai atlet angkat besi Indonesia pertama yang mampu memperoleh emas selama keikutsertaan Indonesia di Asian Games. 

Sejak cabang olahraga angkat besi dipertandingkan di Asian Games I di New Delhi, India, 1954, kontingen Indonesia sebelumnya belum pernah meraih emas. Prestasi tertinggi hanyalah medali perak.

Medali Emas Pertama Paralayang

Ada cabang olahraga paralayang di Asian Games 2018 dan tim paralayang Indonesia mampu mempersembahkan medali emas serta perak di turnamen ini. Medali emas datang dari nomor ketepatan mendarat tim putra sedangkan perunggu dihasilkan lewat tim putri, dalam nomor sama.

Torehan medali emas ini cukup membanggakan mengingat paralayang baru diperlombakan kali ini di pentas Asian Games.

“Ini merupakan catatan emas untuk sejarah paralayang Indonesia dan Asian Games 2018. Pertama kali tampil, untuk kali pertama juga kami bisa meraih emas," kata Manajer tim paralayan Indonesia, Wahyu Yudha.

Medali Pertama Panahan

Kemenangan atlet panah Diananda Choirunisa atas Lei Chien-Ying di semifinal dengan skor 7-3 pada panah nomor individu membawa sejarah baru bagi Indonesia di Asian Games. Atas kemenangannya, Diananda memastikan membawa pulang medali perak Asian Games 2018, malah ia melaju ke final.

Hal ini merupakan capaian memuaskan cabang olahraga panahan di kelas turnamen Asian Games. Pasalnya, wakil-wakil dari Indonesia di nomor individu putra dan putri memang sebelumnya tak pernah meraih satu pun medali di pesta olahraga multicabang se-Asia tersebut.

Sejarah-sejarah baru perlahan tercatat pada Asian Games 2018 ini, tak terkecuali bagi atlet-atlet Indonesia dengan raihan prestasinya. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru