real
        time web analytics

Dari Kami

Baru Ada 3 Juta WP yang Lapor SPT


TOPCAREER.ID - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut sudah ada lebih dari 3 juta Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak tahunan yang dilaporkan masyarakat. Padahal pelaporan SPT akan ditutup pada akhir bulan ini alias 31 Maret 2019.

"Biasanya pembayar pajak tahun lalu SPT-nya lebih dari 12,5 juta. Sampai dengan hari ini sudah lebih dari 3 juta yang melakukan pelaporan SPT," kata Sri Mulyani.

Menkeu mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan SPT secepatnya. Pasalnya, di tahun lalu pada jam-jam terakhir pelaporan para pegawai masih bekerja hingga kadang membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Sri Mulyani menambahkan, kemudahan dalam pelaporan SPT juga sudah disediakan Pemerintah sejak 2012 melalui e-Filing. Ditjen Pajak memperkenalkan pelaporan SPT melalui e-Filing, yakni cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak.

"Masyarakat sekarang sangat lekat dengan gadget-nya dan karena itu pembayaran (pelaporan) melalui e-Filing akan mampu berikan kemudahan bagi masyarakat melaksanakan kewajibannya secara efisien, tepat waktu dan mengurangi beban-beban administrasi," jelas Menkeu.

Direktorat Jenderal Pajak mencatat realisasi pelaporan SPT Wajib Pajak pada 2018 mencapai 12,5 juta SPT yang terdiri atas 9,87 juta OP karyawan, 1,82 juta OP non karyawan dan 854.300 OP Badan.

 

0 Comments