real
        time web analytics

Dari Kami

Beda Seleksi Pegawai Kontrak Pemerintah dengan CPNS


TOPCAREER.ID – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) sudah resmi dibuka. Lantas apa bedanya dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Penasaran?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan ada beberapa perbedaan antara seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) dengan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Khususnya dalam proses seleksi yang relatif lebih singkat.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan yang membedakan dalam seleksi PPPK adalah tidak adanya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Yang ada hanyalah seleksi kompetensi managerial, sosial culutral dan sebagainya.

"Ada seleksi kompetensi managerial, social cultural, jadi enggak ada SKD," ujarnya.

Alasan ditiadakannya seleksi kompetensi dasar adalah karena seluruh peserta dianggap sudah memenuhi syarat. Apalagi mereka sudah bertahun-tahun bekerja di posisi itu yang dianggap sudah memenuhi syarat.

"Mereka dianggap memenuhi kompetensi dasar. Nanti seleksinya pakai komputer," ucapnya.

Spesialnya, lanjut Ridwan, pada seleksi PPPK ini ada satu tes yakni wawancara. Seleksi wawancara untuk mengetahui apakah mereka layak untuk bekerja di pemerintahan.

Sebagai salah satu contohnya adalah pegawai pemerintahan sendiri harus terbebas dari kepentingan politik. Sebab pegawai pemerintah harus melayani masyarakat umum.

"Setelah itu ada tes wawancara. Untuk memastikan apakah teman teman memenuhi. Harus netral saat Pilpres dan Pileg," jelasnya.

0 Comments

Skills