real
        time web analytics

Dari Kami

Begini Cara Kenali Passion dengan Mudah


TOPCAREER.ID – Sebenarnya mengenal passion tidak perlu menunggu setelah lulus kuliah, passion itu bisa dikenali sejak dini. Kalau merasa sudah telat, kamu bisa ingat-ingat apa kebiasaan-kebiasaan di masa kecilmu yang membuatmu bahagia. Kamu juga bisa mengenali passionmu dengan cara-cara ini.

Menurut Diana Raab, medical journalist selama 25 tahun dan dikenal sebagai penyair, dosen, pendidik dari Amerika menyampaikan bagaimana cara mengenali passionmu mulai dari sekarang. 

“Kadang-kadang, menemukan passion kita ada hubungannya dengan mendengarkan suara batin kita dan mengabaikan kebisingan di sekitar kita memberi tahu apa yang harus kita lakukan,” kata Diana Raab dalam laman The Bustle. 

Ia menambahkan, kamu juga perlu mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang punya minat yang sama juga passion yang kamu kagumi. Jika memang kamu lebih suka sendiri, itu akan lebih baik jika menjauhkan diri dari orang agar dapat mendengar suara hati dengan jelas. 

Ketahui passion dari kebiasaan masa kecil

Diana Raab bercerita, ketika murid-muridnya bertanya soal bagaimana mereka menentukan apa passion hidup mereka, Diana sering meminta mereka untuk melihat kembali pada masa kecil mereka untuk mengidentifikasi apa yang membuat mereka bahagia.

“Banyak yang tahu jawabannya tanpa banyak refleksi; dan dalam banyak kasus pekerjaan hidup mereka mirip dengan gairah masa kecil mereka,” ucap Diana. 

Raab juga menyarankan untuk menuliskan apa yang lebih suka kamu lakukan daripada apa yang saat ini kamu lakukan untuk membantu mengidentifikasi apa yang akan membuatmu lebih bahagia dan merasa puas. 

Karena sebenarnya banyak orang tidak selalu berpikir apa yang mereka sukai adalah karier yang layak, akhirnya mereka memilih sesuatu yang praktis, meskipun bukan itu yang benar-benar diinginkan. Hayo…kamu begini juga kah? Dalam beberapa kasus, ya mungkin ini sesuatu yang cerdas, tetapi tidak selalu begitu.

Diana bahkan mengatakan jika passion sejatinya sebagai seorang penulis itu sudah ia ketahui sejak berusia 7 tahun. “Karena saya harus terus menulis, saya tahu ada cahaya di ujung terowongan, dan itu membantu saya melewati pelipat piyama saya (ketika ia bekerja di toko baju anak-anak).”

Diana juga memberikan kiat-kiat berikut ini untuk menemukan passionmu seperti pada Psychology Today.

- Pikirkan kapan kamu merasa paling bahagia.

- Pikirkan tentang aktivitas yang kamu sukai.

- Pikirkan, atau tulis tentang, nilai-nilai yang kamu miliki.

- Pikirkan tentang apa yang mendorong keputusanmu.

- Lakukan penilaian sendiri; kenali kekuatanmu.

- Pikirkan tentang subjek yang kamu sukai.

- Pikirkan tentang apa yang selalu kamu impikan.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills