real
        time web analytics

Dari Kami

Begini Caranya Kalau Mau Jadi Pialang Saham


TOPCAREER.ID – Siapa yang enggak pengin punya gaji puluhan juta sebulan? Kalau kamu jadi broker, kamu bisa saja wujudin angka gaji impianmu itu. Tapi harus punya modal skill dulu biar jadi broker yang bisa memberikan rekomendasi serta analisa prediksi yang tepat kepada investor.

Untuk menuju ke sana, kamu perlu tahu nih, bagaimana prosesnya dari yang enggak tahu apa-apa sampai bisa terdaftar sebagai broker di perusahaan sekuritas.

Ikut Pelatihan Pendidikan di LPKPM

Dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Pendidikan Khusus Pasar Modal (LPKPM) merupakan lembaga yang menyelenggarakan program pendidikan dan pengujian di bidang pasar modal. Di lembaga tersebut juga menyediakan pengujian profesi di dunia pasar modal.

Bahkan sebelum menjadi broker, pendidikan melalui LPKPM ini menjadi suatu hal yang wajib mengingat keahlian memberikan analisa tepat di pasar saham, tidak sembarangan. Nah selama pelatihan itu, lama waktu belajar tergantung paket yang diambil, ada yang satu minggu atau satu bulan.

Kamu yang hendak memilih LPKPM juga ada baiknya cek dulu, apakah lembaga tersebut sudah terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) atau belum.

Misal, salah satunya yang sudah terdaftar resmi, yakni The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). Yang dipelajari tentu seputar perdagangan efek juga saham, atau mendalami analisis ekonomi, keuangan perusahaan dan investasi, mekanisme perdagangan efek, hingga aplikasi praktisnya.

Mendaftar Izin WPPE

Setelah kamu memahami apa itu tugas-tugas broker serta semua hal terkait perdagangan efek, dan tentunya telah mendapat sertifikasi atas keahlianmu, kamu bisa mendaftar untuk memperoleh izin Wakil Perantara Pedagang efek (WPPE) atau pialang saham.

Ada dokumen-dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan izin WPPE, seperti tercantum dalam PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 27/POJK.04/2014 Tentang Perizinan Wakil Penjamin Emisi Efek dan Wakil Perantara Pedagang Efek, pada Pasal 6.

Dokumen itu di antaranya, salinan ijazah, fotokopi sertifikat keahlian sebagai WPPE dari LPKPM, surat keterangan pengalaman kerja, hingga daftar riwayat hidup.

Mendaftar ke Perusahaan Sekuritas

Untuk menjadi pialang saham atau broker, menurut Frisca Devi, Founder Komunitas Investasi Saham Pemula (ISP) haruslah berada di bawah naungan perusahaan sekuritas. Pada umumnya, tidak ada seorang pialang yang bekerja individu sehingga harus mendaftar ke perusahaan sekuritas baru bisa bekerja sebagai pialang.

Frisca menambahkan bahwa setiap perusahaan sekuritas itu memiliki kebijakan dan aturannya sendiri-sendiri, termasuk komisi juga target yang perlu dicapai.

“Broker itu kayak sales ada targetnya juga, bisa dalam bentuk nilai transaksi (target), atau dalam bentuk marketing jumlah investornya bertambah berapa juga bisa. Perusahaan sekuritas kan beda-beda, jadi komisi serta target yang dikejar akan berbeda,” ujar Frisca kepada TopCareer.id.

0 Comments

Lowongan Terbaru