real
        time web analytics

Dari Kami

Belajar Jadi Surveyor Tanah


TOPCAREER.ID – Menganalisis tanah hingga detail yang hasilnya dipergunakan untuk membuka lahan tanam perkebunan menjadi tuga surveyor tanah. Sebelum itu, banyak hal yang perlu dipelajari agar tak asal analisis, misal paham soal jenis tanah dan spesifikasi tanah.

Supervisor Bidang Survei Tanah dan Survei Lahan Baru di PT Great Giant Food, Diandra Putra mengaku harus mampu menganalisis jenis tanah mineral, gambut, atau tanah rawa. Mengetahui spesifikasi tanah mulai dari warna tanah, tekstur tanah, struktur sampai bahan organik.

“Biasanya keahlian ini enggak bisa di dapat secara langsung.  Butuh waktu 3,5 tahun buat menjadi ahli di bidang spesifikasi tanah dan itu biasanya berdasarkan pengalaman-pengalaman ke daerah semisal Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan lain-lain.”

Penting juga bagi seorang surveyor memiliki keterampilan dalam pemetaan yang nantinya berfungsi untuk memetakan daerah mana saja yang kira-kira tanahnya berbeda, dilihat dari topografi, kemiringan lereng, geologi, peta lokasi. Di mana dengan pemetaan ini yang akan mempermudah proses di lapangan.

Oleh karena itu, untuk bidang pemetaan ini para surveyor tidak lepas dari teknologi yang harus dikuasai semacam teknologi GPS survei, theodolite, total station hingga pesawat drone. Disertai dengan aplikasi khusus seperti Map Sos, ArcGIS, Quantum Gis, Auto cad, Google Map, Google Earth dan aplikasi penunjang pembuatan peta lainnya.

Kemampuan-kemampuan itulah yang pada akhirnya diperlukan untuk bisa menganalisis lahan baru dalam hal ini lahan tidur yang belum tergarap. Hasilnya berupa prediksi potensial lahan tersebut apakah cocok untuk ditanami atau tidak. Kalau cocok maka lahan bisa ditanami dengan tumbuhan kelapa sawit, karet, nanas, hingga pisang.

Sehingga peran surveyor penting dalam proses pembukaan lahan baru, supaya dengan analisis tersebut bisa memangkas cost perusahaan agar tidak rugi saat melakukan ekpansi lahan.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru