real
        time web analytics

Dari Kami

Berat Badan Tetap Naik Saat Puasa? Coba Hindari 5 Makanan Ini


TOPCAREER.ID – Meski puasa, tapi tetap mengalami masalah kenaikan berat badan? Permasalahan ini bisa jadi datang dari pemilihan makanan yang kurang tepat. Beberapa makanan yang dikonsumsi selama puasa mungkin memiliki kalori yang tinggi yang bikin berat badan naik. Catat nih, 5 makanan yang sebaiknya dihindari agar berat badan tidak naik selama puasa.

1. Makanan Bersantan

Kolak, kue basah, hingga menu utama seperti soto atau gulai pun tidak luput dari bahan santan. Tetapi satu hal yang perlu diwaspadai, mengonsumsi santan secara berlebih bisa membuat berat badan meningkat selama puasa. Sebab santan mengandung kalori serta lemak yang tinggi, sehingga tidak jarang membuat pencernaanmu terganggu.

2. Gorengan

Mungkin sulit untuk meninggalkan takjil satu ini di bulan puasa. Tapi sama seperti santan, makanan yang digoreng pun menyumbang lemak dan kalori yang besar bagi tubuh. Belom lagi penggunaan tepung yang ada di gorengan juga semakin menambah asupan karbohidrat bagi tubuh. Makanan yang digoreng dalam temperatur tinggi pun umumnya mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan. 

3. Junk Food

Junk food sendiri umumnya diolah dengan cara deep fried sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Selain itu, junk food juga umumnya berisi  produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut buncit dan usus sulit mencernanya. Junk food pun memengaruhi metabolisme dan kondisi perut secara keseluruhan.

4. Makanan yang Mengandung Tinggi Tepung

Makanan yang mengandung tinggi tepung menjadi salah satu makanan berikutnya yang bisa membuat berat badan naik saat puasa. Hal ini karena makanan dengan tepung yang berwarna putih jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menjadi lemak pada perut dan membuat berat badan meningkat. Saatnya Anda mengganti nasi putih dan makanan yang mengandung tepung berwarna putih seperti roti putih dengan alternatif brown rice atau roti gandum.

5. Keju

Makanan apapun yang ditambahkan keju rasanya memang selalu lezat. Tapi beberapa variasi keju seperti Parmesan, Gouda, serta keju Romano memiliki kalori yang tinggi sehingga dapat memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih keju juga masuk salah satu makanan yang minim serat sehingga kurang bersahabat untuk pencernaan.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait