real
        time web analytics

Dari Kami

Bermula dari Keprihatinan, Berbuah Kecintaan Lingkungan


TOPCAREER.ID – Gerah melihat banyaknya sampah yang tak tertangani di wilayahnya, hati Nina Nuraniyah lantas tergerak untuk melakukan aksi peduli lingkungan. Perempuan Bogor ini ingin berbagi ilmunya terkait pengeloalaan sampah dengan harapan bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Semangatnya untuk mengelola sampah semakin membara selepas menjadi relawan di Rimbawan Muda Indonesia (RMI), yakni Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lingkungan di Bogor. Nina memiliki beragam wawasan, pengalaman, serta gagasan soal pelestarian lingkungan.

Perempuan lulusan jurusan MIPA Institut Pertanian Bogor ini bahkan kerap bepergian ke berbagai daerah di Indonesia untuk belajar tentang lingkungan dan kehidupan masyarakat. Hingga keprihatinannya soal sampah itu melahirkan organisasi Green Earth.

Lewat organisasi ini ia berbagi ilmu ke sekolah-sekolah, pesantren, juga komunitas ibu-ibu untuk mendorong kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya dan melakukan kegiatan nyata berupa daur ulang sampah. Lewat organisasinya, ia sering melakukan penyuluhan secara rutin dengan mengajarkan bagaimana cara daur ulang sampah.

Sedikit demi sedikit, Nina mengubah kebiasaan masyarakat dalam memperlakukan sampah di wilayahnnya. Setelah ia berbagi pengetahuannya soal sampah, kini anak muda hingga ibu-ibu di Cisalopa mampu melakukan daur ulang sampah hingga menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

“Saya berharap melalui kegiatan ini, kaum muda lain juga tergerak untuk melakukan kegiatan nyata dalam menjaga lingkungan mereka,” ujar Nina.

Seiring kegiatannya yang cukup luas, orgasnisasi Green Earth yang Nina bentuk lantas bertransformasi dan mendirikan Yayasan Greena pada 2011. Tak hanya memberikan penyuluhan, Yayasan Greena juga memproduski beragam produk daur ulang sampah.

Greena mendapat sambutan hangat dari pemerintah Bogor, hingga mendapat bantuan mesin pengolahan sampah. Kini, Desa Cisalopa patut berbangga lantaran jadi desa percontohan pengolahan sampah terpadu.

Ada namanya bank sampah yang tiap Senin dan Kamis dilakukan pembelian sampah dari masyarakat. Kemudian sampah yang bisa diolah selanjutnya dibersihkan untuk dibentuk menjadi beragam barang berguna bahkan bernilai ekonomis.

Lantaran perannya dalam mengubah pola pikir masyarakat soal sampah bahkan mampu menggerakkan banyak orang dalam mencintai lingkungan, Nina diganjar beragam penghargaan. Beberapa penghargaan yang diraih di antaranya, Get Inspired BBC 2011 dan Pioner youth from West Java, Shell Live Wire Indonesia, Categories of most impactful start up business (2015).

0 Comments

Lowongan Terbaru