real
        time web analytics

Dari Kami

Biar Sukses, Ini Materi Seleksi Kompetensi Dasar Tes CPNS


TOPCAREER.ID – Rangkaian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan ada yang namanya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sama seperti seleksi CPNS tahun 2017 lalu, seleksi ini dilakukan ketika lolos seleksi dokumen. Biar lebih siap, coba pahami seperti apa SKD dan apa saja materi yang bakal diuji. 

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN RB) Nomor 36 Tahun 2018, SKD merupakan seleksi terkait kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Republik Indonesia.

Seleksi Kompetensi Dasar meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

TWK menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan tentang nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu juga menilai pengetahuan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia, meliputi sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) 

TIU dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Ada pula kemampuan numerik, meliputi kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Tes ini juga menilai kemampuan figural, yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.

Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Serta menilai kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 

Test ini menilai pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, serta kemampuan mengendalikan diri.

Selain itu, juga menilai terkait kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Sementara, berdasar dari Permen PAN RB Nomor 37 Tahun 2018, nilai ambang batas pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yaitu 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan  75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

Namun, nilai ambang batas itu akan berbeda bagi peserta yang  mendaftar pada jenis penetapan kebutuhan formasi khusus, yakni:

a. Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude);

b. Penyandang Disabilitas;

c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat;

d. Olahragawan Berprestasi Internasional; dan

e. Diaspora;

f. Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks

Tenaga Honorer Kategori-II.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru