real
        time web analytics

Dari Kami

Bikin Cheesecake Enggak Perlu Susah Punya Keahlian Menghias


TOPCAREER.ID – Enggak perlu ribet-ribet punya keahlian mendekor atau menghias kue kalau kamu mau jago dalam bikin cheesecake. Cukup punya kemampuan dasar bikin kue tanpa repot mikir menghiasnya. Karena cheesecake ini tipe dessert open finish cake

Open finish cake itu menurut Technical Chef di PT Mulia Boga Raya, Muhammad Septian Hidayat, yakni jenis kue yang setelah melalui proses pemanggangan atau proses masak bisa langsung disajikan. Meski memang bisa saja jika mau dihias atau diberi sentuhan menarik lainnya. 

Cheesecake sendiri enggak perlu dekor yang terlalu ribet ya karena abis dioven gitu aja udah cukup. Bukan cake yang setelah dioven masih harus ditambahin cream lagi, didekor itu enggak perlu,” kata Septian kepada TopCareer.id

Ia menambahkan, cheesecake ini merupakan dessert yang lebih mengutamakan rasa daripada bentuk atau hiasan yang mengelilingi cake tersebut. Namun, bisa saja cheesecake yang sudah selesai dimasak kemudian ditambah hiasan berupa lukisan sederhana.

Lukisan yang dibuat pun tetap ada teknik-tekniknya sendiri. Karena melukis di permukaan kue lebih sulit pengerjaannya. 

Keahlian Bikin Kue Enak

Keahlian dasar yang diperluin biar bisa jadi ahli bikin kue emang banyak. Namun, seenggaknya paham ilmu dasarnya, misal peralatan yang dibutuhkan, kemudian tahu timing ketika baking atau waktu pembakaran, serta standar-srtandar dalam menentukan takaran di setiap bahan yang digunakan. 

“Standarisasi itu dalam artian satu cake nih butuh berapa butir terlur, berapa tepung yang dipakai. Kalau satu kilogram tepung, berapa gula yang dipakai, patokannya tepung biasanya, atau patokannya telur. Jadi kalau bikin cake, pasti enggak akan jauh dari situ walalupun berbeda.”

Standarisasi takaran itu juga perlu dilihat jenis kuenya apa, kemudian metode atau teknik bakingnya yang bagaimana. Karena setiap kue itu punya perlakuan memasak serta takaran yang berbeda.

“Ini mau cake yang sugar butter melted, atau mau yang butter melted, atau pakai yang all in melted atau yang apa. Kemampuan dasar baking aja sebenarnya. Tahu waktunya jenis cake ini berapa lama. Nanti mau bikin cake ini apa sih yang terpenting, kan beda-beda,” ujar dia.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru