real
        time web analytics

Dari Kami

Bikin Desain Antarmuka yang Enggak Pusing


TOPCAREER.ID – Membuat konsep desain memang berkaitan dengan kreativitas sehingga hasilnya enak dilihat. Namun, kalau masuk ke desain antar muka (user interface), enak dilihat enggak cuma jadi modal utama, melainkan ada aspek kemudahan pengguna.

Jangan sampai desain antar muka yang dibuat malah membuat pengguna makin pusing akibatnya aplikasi atau produk yang dibuat tak bisa memuaskan pasar. Berikut tips agar kamu senantiasa membuat desain antar muka yang eye catching sekaligus enggak bikin pusing.

Pahami Karakteristik Pengguna

Desain trendi memang perlu, tapi apa jadinya kalau trendi tapi enggak bersahabat bagi pengguna? Untuk itu, kamu perlu ketahui terlebih dulu apa yang pengguna inginkan, ketahui karakteristik mereka, serta pengalamannya.

Selalu utamakan kebutuhan pengguna, pelajari bagaimana desain yang akan kamu buat bisa mencakup seluruh kemudahan yang ada di dalamnya.

Pecahkan Masalah

Jangan menciptakan sesuatu agar tampak benar-benar berbeda, gunakan metode yang ada agar pengguna pun bisa akrab dan mudah mengaksesnya.

Penempatan/Layout

Letakkan elemen website atau aplikasi di tempat yang mudah dicari oleh pengguna. Tujuannya tentu agar pengguna tidak merasa disulitkan selama menggunakan aplikasi atau membuka website. Ada desain antar muka yang membuat pengguna mengahabiskan banyak waktu hanya untuk menemukan elemen tertentu, misal search bar.

Toleransi Kesalahan Pengguna

Desain antarmuka yang akan dibuat setidaknya bisa menoleransi kesalahan para pengguna. Misal, ketika pengguna salah memasukkan nama alamat, pengguna bisa dengan mudah menghapus dan memasukkannya kembali secara benar.

Contoh lain, misal terjadi error karena kesalahan pengguna, maka berikan pesan yang kiranya mudah dimengerti.

Konsisten

Desain antarmuka yang konsisten mampu membantu pengguna mengerti bagaimana sesuatu bekerja yang nantinya bisa meningkatkan efisiensi mereka. Ketika pengguna paham cara melakukan sesuatu dalam website atau aplikasi tersebut, mereka dapat mengulangnya dengan cara yang sama.

Buat Sederhana

Buang elemen-elemen yang sekiranya tidak diperlukan oleh pengguna. Sementara, elemen yang diperlukan harus dibuat tampak sederhana dan memudahkan. Jika berniat menambah elemen atau fitur baru, coba bertanya kembali “Apakah pengguna benar-benar membutuhkan hal tersebut?”

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru