real
        time web analytics

Dari Kami

Bisa Banget Bermanuver Bikin Cheesecake yang Sehat


TOPCAREER.ID – Takut kalau makan cheesecake yang nikmat itu terus body goals-mu enggak tercapai? Jangan takut karena cheesecake yang sehat bisa saja dibuat dengan sentuhan resep nikmat. Resep itu merupakan salah satu manuver dalam membuat cheesecake, karena cheesecake enggak mesti bolu. 

Frozen cheesecake

Pernah nyobain cheesecake dalam jar? Nah, itu salah satu manuver cheesecake jenisnya frozen cheesecake. Technical Chef di PT Mulia Boga Raya, Muhammad Septian Hidayat menyampaikan bahwa pembuatan cheesecake satu ini tidak membutuhkan waktu lama lantaran tak melalui proses memasak. 

Tidak seperti Japanese cheesecake atau cheesetart yang harus melalui proses pemanggangan, frozen cheesecake ini cukup menambahkan bahan-bahan yang disediakan hingga kemudian dibentuk. 

“Kalau frozen cheesecake cuma pake whip cream aja. Terus susu kental manis, pakai cream cheese-nya, lalu buah-buahan, terus sponge. Krim kejunya enggak ada proses pemasakan, biasanya pemasakan cuma di sponge-nya doang, itupun kalau pakai sponge,” kata Septian kepada TopCareer.id

Kalaupun tidak memakai sponge biasanya memakai crackers, yang tidak perlu melalui proses pemasakan. Cheesecake satu ini terbilang simple dalam pembuatannya.

Cheesecake Sehat

“Kalau mau dibikin sehat ya bisa aja dibikin kayak frozen cheesecake gitu, terus campurannya pakai yogurt jadi sehat, terus pakai buah-buahan,” tambah Septian.

Sementara, kalau untuk cheesecake yang melalui proses memasak dan ingin tetap sehat, bisa dikurangi bahan pemanisnya, yakni gula. Karena, kata dia, sebenarnya yang tidak bagus untuk badan itu hanya karena gulanya. Sementara, bahan-bahan yang lain aman-aman saja. 

Beda Cheesecake versi Amerika dan Jepang

Menurut Septian, beda Japanese cheesecake dan American cheesecake ada pada proses pemanggangannya. Kalau American cheesecake biasanya proses pemanggangan lebih cepat daripada Japanese cheesecake

“Kalau American biasanya cuma dimasak bentar, terus di-bake nanti hasilnya lebih padat daripada Japanese. Kalau Japanese lebih lembut. Kalau di Japanese cheesecake itu ngelembutinnya ngandelin dari putih telurnya, dibikin meringue gitu. Kalau American itu dia ngelembutinnnya paka kuning telur.”

 

0 Comments

Lowongan Terbaru