real
        time web analytics

Dari Kami

Bisa Nyontek Nih Cara Perawat Cek Kesadaran Pasien


TOPCAREER.ID – Biasanya ketika akan operasi tertentu, pasien akan diberikan obat bius untuk mengurangi rasa sakit yang berlebih. Nah, setelah dibius itu ada yang namanya tes kesadaran, hanya sekadar memastikan bahwa si pasien sudah benar-benar pingsan .

Salah seorang perawat di Rumah Sakit Jakarta, Sri Fujiyati menyampaikan bahwa ada tindakan untuk memberikan rasa nyeri ketika mengecek kesadaran pasien. Nah, ada beberapa teknik tepat yang dilakukan untuk menciptakan rasa nyeri itu.

Tekan Ujung Jari

Tindakan ini memang biasa dilakukan ketika ada orang yang pingsan. Perawat juga kerap melakukan hal ini untuk menciptakan rasa nyeri ketika pasien sudah dibius. Tekan ujung jari si pasien bisa dengan tangan, pulpen atau penjepit jari.

Menurut Puji, sapaan akrab Sri Fujiyati, bagian ujung jari ini menjadi salah satu bagian sensitif sesorang. Tekan ujung jari mana pun, tapi biasanya yang paling sering dilakukan pada jari telunjuk.

Menekan Keras Bagian Ulu Hati

Teknik lainnya adalah menekan bagian ulu hati. Bagian ini letaknya berada di bawah tulang dada dan di atas pusar, serta di antara tulang rusuk. Caranya, tekan bagian ulu hati pasien menggunakan ibu jari dan tekan dengan keras.

Menekan Dagu

Menurut Puji area lainnya adalah bagian dagu. Tekan bagian bawah dagu dengan tulang-tulang jari yang ditekuk. Atau bisa juga dengan ibu jari, tekan agak keras sehingga menciptakan rasa nyeri.

Memilin Puting

Bagian ini merupakan area yang paling sensitif di antara yang lain. Jadi, untuk memastikan kesadaran seseorang bisa dengan memilin salah satu putingnya. Teknik ini berlaku untuk laki-laki dan perempuan.  

“Itu salah satu teori yang enggak bisa dibantah, mengecek kesadaran ya lewat puting itu. Yang paling gampang dibuat rasa nyeri. Memang di situ paling sensitif,” ujar Puji kepada TopCareer.id.

Puji menyebut tak jarang ada pasien yang sudah diberi obat bius, malah pura-pura pingsan. Teknik-teknik menciptakan rasa nyeri itu tak hanya berlaku bagi pasien yang telah dibius, tetapi juga untuk mengecek kesadaran seseorang yang pingsan karena penyakit.  

0 Comments

Lowongan Terbaru