real
        time web analytics

Dari Kami

BUMN Buka 11 Ribu Loker, Cek Cara Daftar dan Tahap Seleksinya


TOPCAREER.ID – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lagi buka lowongan kerja besar-besaran. Pasalnya Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengundang orang-orang terbaik di Indonesia untuk bergabung dengan BUMN lewat Program Perekrutan Besama BUMN. 

Program ini dibuka mulai 8 Maret hingga 17 Maret 2019 dengan 11.000 lowongan di perusahaan BUMN.

“Jadi tahun 2019 ini pemerintah lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) Untuk itu kita membuka 11 ribu lowongan pekerjaan di 110 perusahaan BUMN," kata Ketua Forum Human Capital Indonesia Herdy Rosadi Harman.

Ia menyebut bahwa program ini sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan daya saing serta produkstivitas tenaga kerja Indonesia di pasar internasional sehingga Indonesia bisa lebih maju.

Cara melamar

Sejumlah BUMN yang tergabung dalam program ini membuka lowongan kerja untuk beragam posisi. Mulai dari tingkat pendidikan lulusan SMA, S1, hingga S2 dapat mengikuti proses rekrutmen ini. Bagi kamu yang ingin melamar untuk posisi yang sesuai bisa mengakses laman resmi bumn.go.id dan rekrutbersama.fhcibumn.com.

Setelah masuk ke website rekrutbersama.fhcibumn.com, kamu bisa langsung buat akun, lalu mengisi data-data yang diperlukan. Jika sudah lengkap, kamu bisa pilih program rekrutmen yang ingin kamu ikuti.

Ada tiga program dalam perekrutan ini, yaitu Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Reguler, Program Perekrutan Bersama Kategori Disabilitas, dan Program Perekrutan Bersama Kategori Kawasan Timur Indonesia.

Setelah memilih program, isi surat keterangan sehat atau keterangan disabilitas. Kalau sudah terisi semua, maka itu sudah masuk dalam tahap seleksi administrasi. Nantinya, hasil setiap tahap seleksi akan diumumkan di website rekrutbersama. fhcibumn.com, serta pada email yang sudah terdaftar. 

Setiap kandidat nanti dapat memilih 3 BUMN di awal proses rekrutmen, sesuai dengan passion dan kecocokan dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan oleh BUMN.

Tahap rekrutmen

Informasi lainnya yang ada di laman rekrutbersama.fhcibumn.com, yakni ada tiga tahapan rekrutmen yang harus dilalui para peserta. Ketiganya adalah, seleksi awal, Seleksi Kemampuan Dasar, dan Seleksi dari BUMN.

Seleksi awal ini meliputi seleksi administrasi di mana peserta harus melengkapi dokumen serta biodata yang diminta. Lalu pada tahap awal ini, peserta juga akan diminta mengikuti Uji Tata Nilai BUMN. 

Tahapan selanjutnya jika lolos seleksi awal, yakni seleksi kemampuan dasar. Dalam seleksi tahap kedua dijelaskan tes akan dilakukan secara online dengan materi ujian meliputi, numerikal, verbal, dan spatial.

Dan terakhir, seleksi yang diperlukan untuk lolos di masing-masing BUMN. Tahapan ini akan sesuai dengan kebijakan tiap BUMN.

 

0 Comments

Skills