real
        time web analytics

Dari Kami

Butuh Biaya Berapa untuk Belajar SEO?


TOPCAREER.ID – Jika melihat permintaan akan tenaga andal dalam bidang Search Engine Optimization (SEO), membuat tempat-tempat kursus atau workshop terkait SEO juga ikut menjamur. Masing-masing punya paket hitungan sendiri terkait biaya pendidikan SEO.

Lantaran dinilai menjadi salah satu keahlian yang masih terbilang langka di Indonesia, skill SEO enggak bisa didapat di bangku kuliah akademik. Jadi, ya untuk saat ini mau tidak mau belajar SEO melalui forum atau ke mentor khusus. Dan biaya yang dipersiapkan beragam, ada yang sampai puluhan juta.

Dari data yang dihimpun TopCareer.id, tempat kursus yang membuka program pendidikan SEO mematok harga Rp2,5 juta sampai Rp6 juta untuk tujuh kali pertemuan. Itu juga untuk tingkat yang masih dasar atau pemula.

Salah satu contoh tempat pelatihan SEO, yakni BabaStudio membandrol harga Rp2,5 juta dengan estimasi perkiraan selesai kursus sebulan. Intensitas pertemuan kursus, yakni 2 kali dalam seminggu.

Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan SEO ke level yang lebih mahir atau advance, agaknya perlu merogoh kocek Rp10 juta atau bahkan lebih. Itu semua akan kembali lagi mau pilih paket belajar seperti apa.

Selain dari tempat kursus, ada pula workshop atau seminar yang hanya digelar satu hingga dua hari saja. Workshop seperti itu biasanya mematok harga Rp2,5 juta sampai Rp4 juta untuk 8 jam pertemuan. Tak jarang materi yang diberikan hanya untuk tingkat pemula.

Materi untuk workshop ini biasanya seputar pengenalan internet marketing dan SEO, mencari ide untuk jualan online, melakukan riset pasar online (research keyword), strategi optimasi Onpage (cara penempatan keyword dan cara praktis membuat artikel tanpa ribet), mengenal macam-macam istilah penting backlink, mengenal macam-macam jenis/tipe backlink.

Sementara, materi terkait SEO itu sebenarnya banyak sekali. Memang yang sederhana meliputi, penguasaan materi soal keyword, bagaimana menentukan keyword hingga mengoptimalkan keyword. Ada pula belajar soal meta tag. Kemudian backlink yang tujuannya untuk meningkatkan popularitas website.

0 Comments

Lowongan Terbaru