real
        time web analytics

Dari Kami

Butuh Waktu Sejam Buat Bikin Japanese Cheesecake Kekinian


TOPCAREER.ID – Tren makan kue cheesecake di Indonesia masih jadi kegemaran apalagi dengan kehadiran varian cheesetart lewat  brand-brand luar, seperti Hokkaido dan Pablo. Japanese cheesecake juga jadi salah satu dessert cake yang hangat di masayarakat. Nah, proses pembuatan Japanese cheesecake ini enggak sebentar ternyata.  

Technical Chef di PT Mulia Boga Raya, Muhammad Septian Hidayat kepada TopCareer.id mengatakan bahwa untuk memasak Japanese cheesecake terbilang butuh waktu lama daripada jenis cheesecake lainnya atau seperti cheesetart. Proses baking-nya bisa memakan waktu 1,5 jam, tapi hasilnya bisa bikin ngiler.

Septian menyampaikan, dalam proses pembuatan kue, termasuk cheesecake, memang bukan tipe masakan yang waktu pembuatannya bisa dipercepat atau diperlambat. Lantaran ada pakem-pakem dalam timing saat baking atau proses adonan, jadi harus sesuai standar. 

“Paling lama itu Japanese cheesecake karena emang harus suhu rendah waktu lama, karena dia kan tebal. Kalau dicepetin nanti gosong luarnya, tapi dalamnya belum mateng,” kata Septian saat dihubungi via telepon. 

Proses pemanggangan juga bukan dengan teknik dipanggang biasa, tapi dengan teknik bain marie. Teknik memanggang apa nih? Jadi, jika proses memanggang biasa cukup letakkan loyang adonan saja, nah kalau bain marie ini loyang yang berisi adonan diletakkan di atas wadah lain yang berisi air panas.

Septian berujar bahwa teknik bain marie merupakan memasak dengan uap. Dan teknik memanggang ini dinilai yang paling cocok dalam pembuatan Japanese cheesecake. Tapi, enggak perlu oven khusus kok untuk melakukan teknik satu ini.

Loyang dilapisi dulu dengan menggunakan alumunium foil. Gunanya untuk mencegah air merembes masuk ke dalam loyang. Letakkan loyang adonan dalam loyang yang lebih besar dan berisi air. “Oven biasa aja, cuma nanti di tray dikasih air. Japanese itu pakai bain marie aja sih.” 

Japanese cheesecake hasilnya tidak maksimal jika menggunakan teknik lain, selain bain marie. Hasil yang tidak maksimal, seperti bentuk kue yang terlihat pendek atau bantet. Atau bisa saja kue jadi tidak mengembang sempurna, kurang lembut.

“Mungkin bisa saja di-steam tapi hasilnya kurang maksimal. Jadi emang masing-masing tipe cheesecake akan maksimal dengan cara masing-masing,” pungkas dia.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru