real
        time web analytics

Dari Kami

Calon Masinis Bakal Duet Maut Sebelum Resmi Tugas


Beberapa tombol yang ada di kabin masinis dalam kereta.

TOPCAREER.ID – Setelah dinyatakan lulus pendidikan, para calon masinis sudah pasti didinaskan bersama masinis dalam satu kabin sebagai asisten masinis. Duet maut di dalam kabin masinis ini bisa berlangsung selama 1 tahun bagi asisten masinis kereta commuterline.

Selayaknya asisten, ia akan membantu beragam kegiatan seorang masinis selama berada dalam kabin. Bahkan, jam kerjanya pun tak jauh berbeda. Asisten masinis sudah harus dituntut bekerja layaknya masinis resmi.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh salah seorang masinis kereta Commuterline, Roni Raisman kepada TopCareer.id. Menurut Roni, asisten masinis itu ibarat orang kedua dalam perjalanan kereta setelah masinis tentunya.

“Apapun yang masinis butuhkan akan dilakukan asisten, dan tugas-tugas asisten akan dilakukan, seperti tunjuk sebut sinyal. Itu dilakukan oleh asisten kemudian diulangi oleh masinis, jadi dua orang yang melakukan biar lebih yakin kan,” kata Roni melalui sambungan telepon.

Memang, seorang asisten enggak akan mungkin diizinkan seluruhnya untuk memegang kemudi kereta. Ada tugas-tugas dalam kabin yang kerap dilakukan oleh seorang asisten masinis demi mengaplikasikan ilmu pascapendidikan.

Roni menyebut tugas-tugas itu, seperti menulis jam-jam berhenti dan keberangkatan kereta secara akurat di kertas. Pekerjaaan ini bukanlah hal sepele, lantaran administrasi dalam kabin itu juga jadi hal penting selama perjalanan kereta.

“Mau ada sisten atau enggak, crew dalam kabin harus tetap mencatat karena kan ada administrasi dalam kabin dan harus tertib. Jadi, tangan sudah terbiasa.”

Jika masa pendidikan memakan waktu satu tahun, maka proses menjalani pekerjaan sebagai asisten masinis ini juga kurang lebih satu tahun. Roni menambahkan, itu juga kan tergantung pribadi masing-masing.

“Asisten sekitar setahun, itu rata-rata , bisa lebih sebentar, bisa lebih lama. Pokoknya yang mau jadi masinis udah pasti jadi asisten,” pungkas Roni.

0 Comments

Lowongan Terbaru