real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Bos Alibaba Rekrut Pegawai yang Tepat


Jack Ma, Pendiri Alibaba Group. (foto: CNBC)

TOPCAREER.ID – Membangun perusahaan hingga menjadi raksasa e-commerce seperti Alibaba tentu butuh mempekerjakan orang-orang yang tepat. Bagi Jack Ma, Pendiri Alibaba Group, pencarian orang-orang yang tepat itu merupakan proses yang membutuhkan waktu. Jack Ma membeberkan persyaratan ketika ia harus meng-hire orang yang tepat. 

Tidak ada yang namanya ahli

Untuk menghire orang-orang terbaik dalam mengelola perusahaan, Jack Ma menyebut untuk menghindari orang-orang “terbaik” atau yang ahli. 

“Saya benci mempekerjakan orang yang datang sebagai ahli karena tidak ada ahli masa depan, mereka selalu ahli kemarin. Tidak ada orang terbaik. Orang-orang terbaik selalu ada di perusahaan Anda, Anda melatih mereka untuk menjadi yang terbaik,” kata Ma dalam CNBC Make It. 

Itu semua dimulai, tambah Ma, dengan mengajak orang yang siap belajar dan tidak takut melakukan kesalahan.

EQ dan IQ

Berada di kelas top bukanlah persyaratan untuk dipekerjakan oleh Jack Ma. Bahkan, Ma dikenal karena menghindari para pemain top. Dalam buku "Alibaba: Rumah yang dibangun Jack Ma," penulis Duncan Clark mengatakan Ma lebih suka mempekerjakan orang-orang yang tidak berprestasi di sekolah mereka, menurut kutipan yang dibawa oleh Tech in Asia. 

Menurut Clark, Ma menjelaskan bahwa "elit perguruan tinggi" akan mudah frustrasi ketika mereka menghadapi kesulitan di dunia nyata. Namun, kandidat harus tetap memiliki beberapa kecerdasan untuk menavigasi lingkungan bisnis yang terus berubah, ungkap Ma pekan lalu.

Ma mengatakan dia cenderung lebih suka orang dengan kecerdasan emosional yang baik karena dia menemukan bahwa mereka membuat pemimpin dan pemain tim yang lebih baik. Tetapi tanpa kecerdasan, mereka juga tidak akan melangkah jauh.

"Anda harus memiliki EQ (untuk) bekerja dengan orang lain, Anda harus memiliki IQ sehingga Anda tahu apa yang Anda lakukan," ujar Jack ma.

Orang yang optimis

Ma sangat menekankan optimisme, suatu sifat yang menurutnya mampu membangun Alibaba menjadi raksasa teknologi seperti sekarang ini. Menurut Ma, menjadi optimis dapat membantu orang mengubah situasi yang menantang menjadi situasi yang menguntungkan.

“Sebagai pengusaha, jika Anda tidak optimis, Anda dalam kesulitan. Jadi orang yang saya pilih, mereka harus optimis.”

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills