real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa


TOPCAREER.ID – Puasa memang akrab dengan gangguan bau mulut, yang mungkin juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi, sebenarnya masalah ini bisa dicegah dengan beberapa tips sederhana ini. 

1. Bersihkan mulut secara menyeluruh:

- Sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride yang berfungsi untuk menghilangkan plak dan sisa makanan. Gosok gigi Anda minimal selama 2 menit.

- Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah. Anda dapat menggunakan alat khusus yang memang didesain untuk membersihkan lidah. Atau biasanya di bagian belakang sikat gigi Anda sudah tersedia pembersih lidah.

- Setelah itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Bagian ini sering sulit dibersihkan menggunakan sikat gigi saja sehingga dapat memicu pembentukan plak dan menyebabkan bau mulut.

- Gunakan obat kumur anti bakteri.

2. Jangan merokok saat sahur

Jika Anda perokok, coba hindari kebiasaan satu ini terlebih dulu. Tembakau dalam rokok dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu merokok juga meningkatkan risiko Anda mengalami masalah pada gusi yang kemudian menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

3. Minum banyak air putih

Saat sahur, perbanyak konsumsi cairan Anda dengan minum air putih. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Pastikan konsumsi cairan Anda cukup sebelum berpuasa.

4. Cermati apa yang Anda makan

Coba untuk hindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat terutama saat sahur, karena setelah makanan selesai dicerna maka akan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh termasuk ke paru-paru dan akhirnya dapat menyebabkan napas Anda berbau kurang sedap.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait