real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Cegah Pelecehan Seksual di Kantor


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Pelecehan di tempat kerja memang mempengaruhi lebih banyak perempuan daripada laki-laki. Sebenarnya siapa saja bisa membantu stop pelecehan seksual di kantor, terlebih untuk kaum laki-laki. 

Esquire memiliki panduan untuk memperhatikan, menangani, dan melaporkan pelecehan seksual, termasuk cara mengeskalasi keluhan ke atasan, bagian SDM (sumber daya manusia). Saran ini mencakup dari para psikolog dan ahli tenaga kerja. 

Katakan saat itu juga

Ambil risiko untuk tegas mengatakan “Itu kotor” atau “Saya tidak setuju dengan ini.” Jika kamu merasa tidak nyaman dengan bagaimana orang lain diperlakukan, kamu tidak hanya berdiri untuk hak-hak mereka, kamu berdiri untuk diri sendiri. Dan seorang peleceh seksual akan memiliki waktu yang lebih sulit untuk menolak keluhan yang didukung oleh pihak ketiga, terutama orang lain.

Tuliskan semuanya

Simpan catatan perilaku sehingga jika kamu melaporkan hal-hal kepada atasan atau bagian HRD (human resources department), kamu memiliki fakta untuk didiskusikan, dan tidak dibiarkan samar-samar. Ini juga berarti  termasuk menyimpan tanda terima, bukti screencapture, ofensif chatting, dan email.

Konsultasikan dengan korban

Beri mereka kendali sebanyak mungkin, sambil mengambil tanggung jawab untuk bertindak. Tanyakan apakah mereka baik-baik saja kalau kamu melaporkan pelecehan itu, dan bagaimana mereka merasa paling nyaman. Apakah kamu akan menggunakan nama mereka atau tidak, atau apakah mereka ingin melapor bersama dengan dirimu sebagai saksi.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru