real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Cepat Naik Jabatan dengan Narsis


TOPCAREER.ID – Kamu suka jengah dengan teman kantormu yang narsis? Eits… Tunggu dulu, siapa tahu kamu bisa menyontek dia. Sebab sebuah penelitian mengungkapkan bahwa narsis bisa mempercepat laju karier.

Sikap narsistik memang kadang kurang menyenangkan. Namun kepribadian tersebut bisa sedikit banyak membantu dalam perkembangan karier seseorang. Dikatakan jika orang narsis lebih cepat dapat promosi kerja atau naik jabatan. Meski mereka belum tentu kompeten menjalaninya, orang narsis lebih sering dapat kesempatan. Anda yang punya sedikit sisi narsis pun perlu belajar beberapa hal dari mereka. Apa saja?

Punya karakteristik meninggikan diri sendiri membuat orang narsis memang percaya mereka bisa melakukan apa saja. Dilansir Business Insider, banyak orang narsis yang pandai memanipulasi rekan dan atasan untuk terlihat berkemampuan meski kenyataan tidak selalu demikian. Hal tersebut membuat orang percaya bahwa ia memang kompeten untuk naik jabatan.

Kebanyakan orang narsis tidak pernah mengalami kondisi di mana seseorang meresa tidak berbakat atau tidak pantas dengan pencapaiannya. Sindrom impostor ini pun tak jarang dialami orang-orang sukses sekalipun seperti Sheryl Sandberg hingga Tina Fey.

"Mereka tidak mengalami sindrom impostor yang menghalangi banyak orang dalam mencapai kesuksesan," ungkap Dr. Karlyn Borysenko, Principal Zen Workplace kepada Business Insider.

Bertentangan dengan pengidap sindrom impostor, orang narsis pun percaya jika mereka ditakdirkan untuk hal-hal besar dan hebat meski belum punya kemampuan untuk mencapainya. Yang patut dipelajari mereka adalah kemampuan untuk tidak meragukan diri sendiri serta perasaan tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik. Orang narsis pun lebih sering meminta kesempatan dan peran-peran kepemimpinan.

Untuk menjadi lebih sukses, Anda pun patut mengimplementasi beberapa kebiasaan orang narsis dalam berkarier. Tidak harus menjadi arogan atau sok tahu tapi dengan lebih proaktif yang juga sering dilakukan orang narsis secara natural.

"Bagaimana jika kamu bisa menciptakan kenyataan kamu sendiri dengan cara seperti itu, di mana tidak ada kemungkinan gagal. Berapa banyak kesempatan yang akan kamu kejar? Berapa besar kamu bisa meraih kesuksesan?" kata Borysenko.

Karenanya, kurangilah meragukan diri sendiri dan jadilah lebih proaktif dalam menantang diri sendiri. Berdasarkan penelitian, orang narsis kadang memang lebih unggul dalam pekerjaan. Mereka lebih sering mengambil peran sebagai pemimpin meski tidak selalu efektif. Mereka juga dikatakan lebih jarang depresi, cemas, atau kesepian sehingga tidak terlalu terbebani pekerjaan.

"Pelajari apa yang kamu bisa dari mereka dan gunakan apa yang kamu bisa untuk membantu meraih mimpimu sendiri," tambah Borysenko.

0 Comments

Lowongan Terbaru