real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Gampang Atasi Stres di Kantor


TOPCAREER.ID – Pekerjaan menumpuk, ditambah deadline yang mepet, membuat kantor jadi tempat yang bisa memicu stress kapanpun. Ingat, kesehatan mental itu penting. Berikut ada beberapa cara sederhana yang bisa turunkan tingkat stres saat di kantor seperti dilansir dari Business News Daily, bahkan dibuktikan secara ilmiah.

1. Minum teh chamomile

Pada pagi hari, coba pertimbangkan untuk menyeduh the chamomile, bukan kopi. Minum kopi pada pagi hari itu bisa membuatmu lebih stress daripada yang sebenarnya. Sebuah studi dalam jurnal Psychopharmacology menemukan bahwa minum teh menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dan meningkatkan relaksasi subjektif.

Jika kamu mengalami hari yang sangat menegangkan, tambahkan satu atau dua kue ke dalam campuran untuk pick-me-up. 

2. Dengarkan musik

Bergantung pada preferensi dan genre pribadi, lirik, dan tempo, musik dapat memiliki efek menenangkan yang sempurna untuk hari-hari penuh tekanan di kantor. 

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Psych Central, penelitian menunjukkan bahwa musik, terutama musik klasik dan instrumental, melemaskan pikiran dan tubuh kita dengan memperlambat denyut nadi dan detak jantung kita, menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar hormon stres.

3. Coba aromaterapi

Aromaterapi adalah teknik terapi holistik yang menggunakan minyak esensial alami untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Minyak atsiri dapat digunakan untuk berbagai alasan dan dalam banyak cara. Tetapi minyak lavender dan rosemary, khususnya, telah terbukti menumpulkan efek stres.

Sebuah studi dalam jurnal Holistic Nursing Practice menemukan bahwa mencium aroma lavender dan minyak esensial rosemary mengurangi stres dalam tes pada sekelompok mahasiswa pascasarjana keperawatan. 

4. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga cara yang efektif untuk menghilangkan stres, menurut penelitian dari Swinburne University di Melbourne, Australia. Saat mengunyah permen karet, partisipan (dalam studi ini) melaporkan tingkat kecemasan yang lebih rendah, dengan penurunan hampir 17 persen selama stres ringan, dan 10 persen selama stres sedang. Subjek juga mengalami peningkatan dalam kewaspadaan dan kinerja.

6. Berjalan-jalan

Sedikit bergerak sepanjang hari tak hanya berakibat buruk pada kesehatan fisik, tapi juga tidak baik untuk kesahatan mental. Berjalan cepat di siang hari adalah cara yang bagus untuk tetap lebih aktif dan mengurangi stres.

Menurut sebuah studi dari Sekolah Psikologi dan Pidato Patologi di Curtin University di Australia, berjalan kaki saat makan siang dapat meminimalisasi stres karyawan di sore hari, Time melaporkan.  Berjalan kaki dengan teman kantor atau sendirian selama beberapa menit dapat meningkatkan suasana hati dan membantu menghilangkan stres di tempat kerja.

 

0 Comments