real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Gampang Tentukan Pakaian Saat Interview Kerja


TOPCAREER.ID – Berpakaian yang pantas jadi salah satu penilaian dalam proses interview pekerjaan. Memutuskan pakaian apa yang pantas untuk interview kerja memang bisa membingungkan, apalagi kantor sekarang beralih dari formal ke bisnis kasual. 

Sebenarnya pakaian untuk interview kerja itu suatu hal yang sederhana, kan? Misal, laki-laki harus mengenakan setelan serta dasi mungkin, atau perempuan harus mengenakan pakaian terbaiknya, sepeti blouse dan celana panjang. 

Nah, sekarang tak ada lagi cerita rumus sederhana pakaian interview kerja seperti itu. Malah bisa dibilang out of date

CEO situs karier Ladder, Marc Cenedella mengatakan bahwa beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat berdandan untuk wawancara adalah mengikuti nasihat lama dan ketinggalan zaman.

“Atau sebelumnya tidak meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan mengajukan pertanyaan tentang budaya perusahaan,” kata Marc Cenedella dalam laman Business Insider

Saat ini, kata Marc, kebanyakan kantor pakaiannya cenderung bisnis kasual atau malah pakaian santai. Jadi mungkin kamu akan terlihat aneh saat muncul di sesi interview dengan jas dan dasi, kemudian vice president cuma mengenakan pakaian kasual. 

Dan meskipun kadang lebih baik over dress daripada under dress, Marc mengatakan bahwa berpakaian terlalu formal untuk interview kerja bisa menunjukkan bahwa kandidat tidak cocok dengan budaya kantor. 

Over dress saat interview bisa mengirimkan isyarat penting dan negatif kepada rekan kerjamu kelak di tempat kerja yang lebih santai. Mereka dapat membuat kesimpulan tentang kemampuanmu untuk membaca dan memahami lingkungan mereka,” ujar Marc.

Untuk menghindari situasi itu, lanjut Marc, hubungi bagian perekrut atau seorang teman di perusahaan dan tanyakan apa yang harus dipakai. (Dan pastikan untuk bertanya kepada teman yang bekerja di tim yang sama, karena kode berpakaian mungkin berbeda di seluruh perusahaan.)

Marc menyarankan pertanyaan-pertanyaan seperti ini:

“Apakah separuh karyawan kantor memakai dasi?”

“Apakah separuh karyawan mengenakan sandal?”

“Apa yang akan digunakan pewawancara?”

“Apakah saya akan merasa tidak cocok dengan pakaian bisnis formal?”

Marc juga menyarankan untuk mengecek halaman Facebook, Twitter, atau Glassdoor perusahaan untuk melihat foto kantor dan apa yang orang pakai.

“Beberapa industri, posisi, atau perusahaan individu lebih formal daripada yang lain. Tugas dari kandidat untuk memahami ini dan untuk menentukan pakaian yang sesuai tergantung pada faktor-faktor tersebut.”

Jika ragu, Marc menyarankan untuk memakai  “smart bisnis casual” - pakaian rapi, bersih, sepatu, dan aksesori.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru