real
        time web analytics

Dari Kami

Cara Sosmed Detik Memilah Konten yang Tepat untuk Instagram


TOPCAREER.ID – Dari sekian ratus konten yang di-publish di website Detik.com, Mega Agniya sebagai Social Media Content yang mengurus Instagram Detik.com harus memilah konten mana yang paling baik untuk diposting ke aplikasi berbagi foto dan video itu.

Mega megatakan bahwa konten yang akan diposting di Instagram harus lebih eksklusif daripada yang akan dibagikan di Facebook dan Twitter. Perlu konten yang benar-benar memiliki kualitas baik sehingga mampu memperoleh keterlibatan pengguna yang tinggi. 

Mega mengatakan ada tiga faktor yang membuatnya menetapkan konten-konten dengan perkiraan tingkat engagement yang tinggi. Menurutnya cukup sulit memilih 10 dari ratusan konten yang di-publish di website Detik.com. 

Faktor pertama yang dimaksud Mega, yakni membaca suatu tools atau data terkait engagement user Detik.com yang mengacu pada keterlibatan pengikut di Facebook dan Twitter. Dari situ juga akan ia pilih lagi, mana yang kira-kira bagus untuk feed Instagram atau diposting di InstaStory.

“Kalau yang banyak komentarnya itu gue masukin feed. Kira-kira orang bakal penasaran nih kayaknya, itu akan naik story,” kata Mega kepada TopCareer.id beberapa waktu lalu. 

Referensi data engagement dari sosial media lain ini cukup membantunya dalam memilih konten mana yang akan diposting. Karena dari situ ia bisa tahu, konten seperti apa yang kira-kira memiliki tingkat engegment yang tinggi. 

Faktor kedua,kata Mega, bisa saja diambil dari kategori Most Popular yang ada di website Detik.com. Ia biasanya akan melihat kategori Most Popular di tiap kanal yang berbeda. Dari situ ia akan lihat lagi, kira-kira konten mana yang cocok untuk diposting ke Instagram. 

Faktor ketiga dalam menentukan konten terbaik di Instagram Detik.com adalah dari rekomendasi redaksi. Mega akan sering meminta saran dari tim redaksi, kira-kira konten mana yang menarik untuk diposting di Instagram, baik di feed maupun di InstaStory. 

“Rekomendasi redaksi itu biasanya untuk push notifikasi aplikasi Detik.com, naik sekitar 1-2 jam, biasanya redaksi kasih rekomendasi. Tapi dari rekomendasi itu pun enggak gue ambil semua. Misal oke nih, ada yang dipush (untuk aplikasi) tapi enggak rekomen buat (konten) gue.”

Biasanya dalam sehari, Mega akan memposting 10 konten untuk feed dan 10 konten untuk InstaStory, entah itu konten dalam bentuk foto ataupun video. 

 

0 Comments

Skills