real
        time web analytics

Dari Kami

Cari Duit di Tahap Awal Pembangunan Startup


TOPCAREER.ID – Saat memulai perusahaan startup, pasti butuh pendanaan tahap awal biar semua terkait produk bisa diperkuat. Pendanaan awal startup ini namanya pre seed funding yang kira-kira bakal cukup menutupi tahap pertama dalam kehidupan startup

Tahapan pertama pendanaan startup yang paling mudah sudah pasti berupa dana sendiri yang ditabung dan kemudian dikeluarkan untuk keperluan pembangunan startup. Namun, selain pendanaan sendiri, ada yang namanya pendanaan eksternal. Pre seed funding merupakan pendanaan tahap awal.

Tidak selamanya pendanaan sendiri itu bisa mencukupi semua kebutuhan startup yang akan kamu buat, apalagi nantinya banyak pengembangan yang sudah direncanakan bersama tim lainnya. Di sini peran dana awal pre seed funding yang bisa dilakukan dengan pitching (presentasi pengajuan ide) kepada investor. 

Untuk pendanaan tahap awal, kamu bisa merayu orang-orang sekelilingmu, seperti keluarga, teman-teman terdekat, atau juga angel investor. Jika dirangkum, pre seed funding untuk startup bisa diperoleh dari tiga investor ini.

1. Friends, Family

Ketika kamu membangun startup, kamu pasti akan langsung memasarkan diri terkait para founders serta produk apa yang sudah terencana bakal terbentuk. Dengan merayu para teman terdekat atau bahkan keluarga, kamu bisa saja memperoleh pendanaan tahap awal. 

Tapi ingat, yang namanya investor luar, siapapun itu termasuk keluarga atau teman tetap membutuhkan benefit dari apa yang sudah mereka keluarkan untuk investasi. Jadi kamu tetap perlu memperhitungkan modal satu ini. 

2. Angel Investor 

Angel investor merupakan investor individual, bisanya pebisnis sukses yang kemudian menginvestasikan dana pribadi mereka sendiri ke dalam bisnis yang berpotensi menguntungkan. Ada kalanya angel investor ini paham soal teknologi, namun banyak juga yang tak memiliki latar belakang terkait teknologi, dan memutuskan untuk berinvestasi di bidang ini.

Berbeda dengan venture capital yang memang butuh publisitas agar dapat menarik perhatian investor – yang merupakan prospek mereka, angel investor menggunakan uang pribadi mereka sendiri sehingga mereka tidak suka dengan publisitas. Berikut ini ciri dari angel investor menurut The Business Angel:

- Investor individual

- Berinvestasi pada startup atau bisnis tahap awal, serta perusahaan yang sudah mapan

- Dana investasi: kurang dari USD1 juta

- Dapat turun campur tangan ataupun tidak

Akselerator

Biasanya organisasi-organisasi akselerator menyediakan modal, bimbingan dan ruang kantor untuk tim startup dengan pertukaran 5 hingga 10 persen dari ekuitas. Akselerator bakal membantu mempercepat atau meningkatkan akselerasi startup.

Program-program latihan yang diberikan akselerator kepada startup, tujuannya agar startup kelak bisa mandiri, dan mampu mempromosikan ide yang akhirnya berbuah modal dari pihak lain, seperti modal ventura atau angel investor. Biasanya startup di bawah akselerator hanya bisa menggunakan fasilitas yang disediakan selama 3-6 bulan. 

Beberapa akselerator yang ada di Indonesia, seperti Jakarta Founder Institute, Ideabox, dan DDB Accelerator. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru