real
        time web analytics

Dari Kami

Cari Tahu Lebih Dalam Kerjaan Si Ahli Getar


TOPCAREER.ID – Ada ahli-ahli atau profesional yang sering banget berurusan dengan gempa bumi serta fenomena terkait, seperti tsunami. Siapa tuh? Mereka adalah seismologist, yakni orang-orang yang memang terjun mempelajari tentang gelombang seismik. Coba cari tahu lebih dalam nih para ahli “getar” ini.

Seismologist, yakni orang-orang yang belajar tentang gelombang seismik, gelombang energi yang disebabkan oleh batu yang tiba-tiba pecah di dalam bumi atau tergelincirnya lempeng tektonik. Ya, memang akan lebih sering dikenal dengan gempa bumi.

Namun, gelombang ini juga bisa disebabkan oleh ledakan dari letusan gunung berapi dan pengujian bom nuklir. Seismologi juga mempelajari gelombang seismik yang sengaja diinduksi oleh ledakan terkontrol, truk besar, dan peralatan konstruksi.

Apa kerjaan seismologis?

Dalam laman yang dilansir Enviromental Science, seismologi pada umumnya memang mempelajari gelombang seismik alami yang terkait dengan bahaya, seperti gempa bumi dan gunung api, beserta efek yang ditimbulkan, yakni tsunami dan tanah longsor.

Para profesional ini mengumpulkan data tentang pergeseran kerak bumi melalui penggunaan seismograf dan instrumen lain. Penelitian mereka telah berperan dalam pengembangan kemajuan seperti sistem peringatan tsunami.

Sementara dalam struktur BMKG ada Pusat Seismologi teknik, Geofisika Potensial, dan Tanda Waktu yang berada di bawah departemen Bidang Geofisika. Lingkup pekerjaannya meliputi:

1. Penyediaan informasi tingkat goncangan gempa bumi

2. Pelaksanaan survei refraksi Vs30

3. Pelaksanaan survei pengukuran periode dominan

4. Pelaksanaan survei kedalaman batuan dasar

5. Penyediaan informasi data sintetik ground motion untuk periode ulang 475 tahun (probabilitas 10 persen dalam 50 tahun) dan 2475 tahun (probabilitas 2 persen dalam 50 tahun)

6. Pemasangan peralatan pengukur goncangan di gedung bertingkat

7. Pengukuran ground motion pada kedalaman tertentu pada site borehole

Namun, ada juga seismologist yang bekerja dalam eksplorasi minyak bumi. Mereka ini merencanakan, menghasilkan, memantau dan menganalisis gelombang seismik yang dikontrol dari ledakan dan getaran dari truk.

Informasi yang dikumpulkan dari gerakan ombak dan interaksi dengan fitur bawah tanah membantu seismologist menentukan di mana minyak dan gas dapat ditemukan.

Beberapa seismologist memantau ledakan-ledakan uji coba nuklir bawah tanah untuk badan-badan intelijen. Beberapa menggunakan pengetahuan mereka untuk membantu menggali situs arkeologi. Yang lain melakukan penelitian lebih teoritis tentang susunan geologi dan struktur bumi.

Di mana seismologist bekerja?

Sebagian besar seismologist dan 26 persen geoscientists secara keseluruhan, dipekerjakan dalam ekstraksi minyak dan gas. Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (BLS) melaporkan bahwa 16 persen geosain lain dipekerjakan dalam bidang jasa teknik pada 2012.

Sebanyak 12 persen geoscientists menyediakan jasa manajemen, ilmiah, dan konsultasi teknis. Kemudian 7 persen bekerja di pemerintahan negara bagian, dan 7 persen lainnya dipekerjakan pemerintah federal.

Ahli gempa yang mempelajari gempa bumi skala besar sering bekerja di observatorium atau pusat analisis dengan kemampuan hiper-computing. Mereka biasanya dijalankan atau didukung oleh pemerintah nasional. Gempa bumi yang lebih kecil dianalisis di pusat penelitian regional yang terkait dengan universitas atau laboratorium pemerintah.

Gaji seismologist

BLS melaporkan upah rata-rata tahunan untuk geoscientists secara keseluruhan sekitar USD90.890 pada Mei 2012. Mereka yang bekerja di ekstraksi minyak dan gas memperoleh gaji tertinggi, yakni sekitar USD 137.750.

Mereka yang bekerja untuk pemerintah federal menghasilkan USD94.830, dan mereka yang menyediakan jasa rekayasa menghasilkan USD74.360. Ahli geografi yang bekerja di jasa manajemen, ilmiah, dan konsultasi teknis memperoleh USD74.020, dan mereka yang berada di pemerintahan negara menghasilkan USD62.030.

Bagaimana peluang pekerjaan seismologist?

Pekerjaan geoscientists secara keseluruhan diproyeksikan tumbuh 16 persen dari 2012 hingga 2022, lebih cepat dari rata-rata untuk semua pekerjaan. Eksplorasi minyak dan gas, teknik pengeboran baru, rekah hidrolik, dan peningkatan minat lingkungan akan mendorong pertumbuhan ini. Geoscientists dengan gelar master akan memiliki peluang terbaik.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru