real
        time web analytics

Dari Kami

Cari Tahu Spesialisasi Personal Trainer


Personal trainer.

TOPCAREER.ID – Tak cuma profesi dokter saja yang punya spesialisasi dalam bidang yang digelutinya, personal trainer juga ada. Misal, spesialisasi trainer untuk orang tua atau anak-anak. Enggak mungkin pakai jasa personal trainer dengan sertifikasi umum untuk orang-orang seperti itu.

Fitness Manager Gold’s Gym Kalibata City, M. Agung Suryana menyebut personal trainer itu ada yang spesialisasinya di penurunan berat badan, ada yang membentuk badan, dan ada pula personal trainer untuk orang-orang berkebutuhan khusus.

“Orang berkebutuhan khusus yang memang dianjurkan dokter untuk olaharaga. Misal, yang punya skoliosis itu ada spesialisasinya,” kata Agung saat diwawancarai oleh TopCareer.id.

Menurut Agung, untuk mendapatkan spesialisasi yang berbeda itu memerlukan sertifikasi tersendiri. Misal spesialisasi personal trainer untuk anak-anak, maka harus mengambil sertifikasi kids program specialist. Nah, kalau sudah memiliki sertifikasi itu baru diperkenankan mengajar sesuai spesialisasinya.

Sementara, untuk Gold’s Gym sendiri membagi kemampuan personal trainer itu dalam tiga level. Ada level Bronze, Silver hingga yang paling tinggi level Gold. Dilihat dari lama pengalaman serta beragam spesialisasi yang diambil.

Kalau Bronze itu hanya tahap awal, semua (personal trainer) bisa. Kalau untuk Silver itu lebih tinggi lagi grade-nya, sertifikasinya lebih banyak, pengalamannya juga sekitar 4-5 tahun. Nah, kalau Gold itu memang berkebutuhan khusus, dan untuk orang tua juga.”

Agung sendiri masuk ke dalam level Gold yang sudah bergelut dalam bidang personal trainer selama sepuluh tahun. Ia bahkan memiliki delapan spesialisasi sertifikasi yang telah diambil, di antaranya postural program, kids program, fat loss and weight management, serta body shaping program.

Agung menjelaskan sedikit mengenai spesialisasi postural. Jadi, memang ada orang yang tidak balance, antara kanan dan kiri pada postur tubuhnya. Nah, dari analisis inbalance postural itu, Agung yang sudah memiliki bekal ilmu serta latihannya bisa membantu supaya postur seseorang bisa lebih bagus.

Kalau spesialisasi anak-anak, memang olahraga itu enggak ada batasan umur, cuma mesti tepat aja latihannya seperti apa. Karena kalau salah-salah nanti tubuhnya pas udah besar malah enggak bagus,” ujar Agung.

Pada dasarnya ada banyak spesialisasi trainer jika harus disebutkan, tetapi yang umum diminati seperti body shaping program, flexibility and balance program, muscle gain program, mass building and muscle toning, fat loss and weight management, ada juga spesialisasi boxing for fitness.  

0 Comments

Lowongan Terbaru