real
        time web analytics

Dari Kami

Cari Tahu Yuk, Profesi Tenaga Medis yang Banyak Dicari


TOPCAREER.ID – Berikut ini beberapa profesi tenaga medis yang masih banyak dibutuhkan yang dirangkum dari beragam sumber.

Apoteker

Profesi Apoteker atau Farmasi mungkin akan sangat jarang kamu temui bahkan di rumah sakit sekalipun. Bukan karena tidak ada, tetapi apoteker memang lebih sering bekerja di belakang meja untuk meracik resep yang diberikan oleh dokter kepada pasien.

Menjadi seorang apoteker juga memerlukan banyak tahap untuk dilewati. Seorang apoteker biasanya harus menempuh kuliah di jurusan Farmasi. Setelah lulus sebagai sarjana Farmasi, seorang apoteker juga harus menjalani pendidikan profesi Apoteker selama 1 tahun sebelum dinyatakan layak menjadi seorang Apoteker.

Tenaga Rekam Medis

Salah satu profesi lainnya yang mungkin Anda tidak sadar sering temui adalah Tenaga Rekam Medis. Sama seperti tiga profesi sebelumnya, profesi ini juga bekerja di belakang layar dan jarang berinteraksi secara langsung dengan pasien.

Tenaga Rekam Medis atau Administrator Informasi Kesehatan merupakan tenaga medis yang bertugas untuk melakukan proses pengarsipan informasi kesehatan perorangan atau masyarakat. Nantinya data yang sudah diolah oleh Tenaga Rekam Medis bisa menjadi rujukan bagi tenaga medis lainnya untuk melakukan tindakan terhadap seorang pasien.

Perawat

Bagi beberapa orang mungkin profesi ini dianggap hanya sebagai pembantu dokter. Tetapi, profesi ini sebenarnya memiliki kelas yang sama dengan seorang dokter. Bila dokter memiliki tugas untuk memberikan pengobatan, maka seorang perawat memiliki tugas untuk merawat dan memastikan bahwa pasien tersebut menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Analis Kesehatan

Sama seperti Apoteker, Analis Kesehatan juga pastinya agak jarang kita jumpai karena biasanya mereka bekerja di dalam laboratorium dan jarang berinteraksi dengan pasien. Tugas utama seorang Analis Kesehatan secara singkat adalah melakukan pemeriksaan dan analisa terhadap bahan yang dianggap berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

Peran seorang Analis Kesehatan bisa kita lihat ketika kita melakukan medical check up. Setiap sampel hasil pengujian pasien akan diperiksa untuk mengetahui tingkat kesehatan pasien tersebut. Profesi ini masih cukup langka karena belum banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills