real
        time web analytics

Dari Kami

Cewek Garang yang Hobi Sharing Ilmu Sama Anak-Anak Kurang Mampu


TOPCAREER.ID – Di balik kegarangannya saat menjadi vokalis dari Lose It All dan segudang kesibukan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Phopi Ratna Agustina menyelipkan hobi positif yang menghidupkan jiwa sosialnya. Ia jadikan kegiatan mengajar anak-anak kurang mampu sebagai hobi dengan kesenangan tersendiri. 

Beberapa tahun terakhir, Phopi menyertakan diri dalam misi sosial pada lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menangani anak-anak, yakni United Nations Children's Fund (UNICEF). Ia mengajar anak-anak yang putus sekolah untuk bidang kuliner dan perhotelan. 

Phopi mengaku prihatin dengan anak-anak yang seharusnya bisa mengenyam bangku pendidikan, namun harus merelakan mimpinya lantaran terkendala biaya. Alasan itu yang memicu Phopi untuk ikut bergabung dan aktif mengajar anak-anak putus sekolah.  

Tak hanya bidang kuliner dan perhotelan, Phopi rela mengajarkan apa yang diinginkan oleh anak-anak didiknya itu. Misal, anak-anak ingin belajar soal komputer, maka dengan suka rela Phopi mengajar apa yang diinginkan mereka. 

Bahkan, dari jadwal mengajar Senin dan Kamis, ia kerap menambah waktu mengajarnya itu di akhir pekan. Seiring anak didiknya yang semakin lama terus bertambah, kadang ia kerap mempersilakan anak-anak itu untuk belajar di rumah Phopi. 

Kegiatan sosial mengajarnya itu, tak pernah menganggu aktivitas Phopi lainnya, seperti bermusik dan melaksanakan tugas sebagai PNS di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat. 

Jika Senin sampai Jumat ia berseragam rapi khas PNS yang tengah berdinas, maka di saat weekend, Phopi menyalurkan beragam hobinya juga kegiatan bermusik yang ia gemari sejak kecil. Mulai dari motorcross, mountain biking, skateboarding, sampai masak kue jadi hobi yang sering ia lakukan saat tiba akhir pekan. 

Sementara, bersama Lose It All, Phopi dipercaya menjadi vokalis dari band yang beraliran metal hardcore. Lose It All sendiri dibentuk sejak 2008. Kala itu Phopi juga berada dalam dua band lainnya, yakni Monalisa juga Angsa dan Serigala. Namun, di kedua band itu ia bukan menjadi vokalis, melainkan drummer

Saat ini Phopi hanya berdiri untuk Lose It All, bahkan kerap memenuhi acara manggung musik underground di wilayah Jawa Barat. Phopi sendiri merupakan lulusan Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru