real
        time web analytics

Dari Kami

Coba Jadi Unik dan Berbeda Saat Melamar Kerja


TOPCAREER.ID – Setiap pelamar kerja pasti melakukan bermacam cara agar memenangkan hati perusahaan, salah satunya menjadi berbeda di antara kandidat lainnya. “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id pada Minggu, 23 September 2018 , membeberkan cara-cara agar pelamar dilirik perusahaan.

Kelas yang diadakan di Jakarta Design Centre ini memberikan tutorial memenangkan seleksi perekrutan. Mulai dari membuat CV (curriculum vitae) yang berbeda hingga bagaimana meraih perhatian para interviewers lewat pandangan pertama.

Pengajar CV video dalam “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id, Dwi Andika Pratama menyampaikan bahwa membuat CV digital atau video CV bisa membantu memenangkan first impression kandidat dalam melamar pekerjaan.

Lewat CV, seharusnya pelamar bisa memanfaatkan kesempatan untuk meraih perhatian perekrut agar berbeda dari pelamar lainnya. Bayangkan saja dari ratusan atau bahkan ribuan CV yang masuk, perekrut harus melihat satu per satu CV tersebut dengan template yang hampir sama.

“Alasan pertama ketika CV mesti dibuat berbeda, ya biar CV kamu itu unik. Dan yang unik itu biasanya mudah dilirik karena menyita perhatian,” papar Andika yang juga Strategic Thinking di Kadika Digital Agency dalam kelas “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id.

Ia menyampaikan bahwa lewat video CV ini membantu pelamar terlihat berbeda di antara kandidat lainnya, dan dinilai lebih kekinian lantaran mengikuti perkembangan zaman yang relevan dengan era digital.

Dalam kelas ini, Andika mengajarkan kepada peserta bagaimana membuat video CV yang mudah hanya dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Mulai dari penciptaan konsep yang akan dituangkan dalam video CV hingga proses penyimpanan dalam format MP4 dan siap diupload ke sosial media.

Sementara itu, di sesi kedua pada kelas “Video CV/Resume Workshop” by Skills.id, Business Director perusahaan penyedia jasa tenaga kerja, PT Permata Indosejahtera, Benny Chrisdianto menjabarkan persiapan memenangkan hati interviewer sejak awal proses perekrutan.

Benny yang kerap menyeleksi setumpukan CV kandidat ini merasa bahwa pembeda sederhana CV kandidat ini bisa dengan amplop warna berbeda.

“Kalau pelamar itu kan biasanya amplopnya setumpukan warna cokelat semua, bagaimana biar beda ya mungkin kamu pakai amplop warna lain, atau dikasih separator. Itu hal sederhana cuma HRD akan lihat kalau itu beda di antara setumpukan dokumen lain,” jelas Benny.

Selain CV, Benny juga berbagi kiat memperoleh perhatian yang positif para interviewer pada pertemuan pertama sehingga ada proses selanjutnya dan lolos semua tahap seleksi.

0 Comments

Lowongan Terbaru