real
        time web analytics

Dari Kami

Copywriter Peluang Karier yang Menjanjikan


TOPCAREER.ID – Kencangnya laju pertumbuhan iklan di Indonesia diyakini bisa membuka peluang tumbuh untuk si copywriter. Lantas bagaimana sebenarnya jenjang karier dari profesi ini?

Andriani Lumankun Soetoto, Creative Director di Matari Advertising  menjelaskan kencang tidaknya karier si copywriter tergantung pada kinerja dari si copywriter-nya sendiri. Jenjang karier yang menunggu si new copywriter, kali pertama adalah sebagai junior copywriter.

“Disaat masuk inilah si junior copywriter akan diajarkan semuanya tentang menulis, karya bagus, dan mampu menciptakan sesuatu yang baru maka dia akan diangkat menjadi copywriter. Setelah itu, bila copywriter ini sudah mampu berkembang dan kinerja bagus dalam segala hal. Maka copywriter ini akan diangkat menjadi senior writer yang diberi wewenang dalam mengontrol konsep, jabatan terakhir yang akan diperoleh adalah creatif director,” terangnya kepada TopCareer.id.

Andriani menambahkan bila karier seorang copywriter bagus maka tidak menutup kemungkinan ke depannya ia bisa menduduki kursi ECD (executive creative director). “Standarnya jenjang karier yang dibutuhkan seorang copywriter merintis kariernya paling lama sampai dengan 5-10 tahun. Namun bila perusahaan advertising-nya tidak terlalu besar maka jabatan tertinggi hanya sampai creative director saja. Tapi bila satu tim memiliki banyak cangkupannya maka jabatan tertinggi dipegang ECD untuk mengontrol jalannya director,” tuturnya.

Copywriter yang andal bisa menghasilkan jargon dan tiru oleh banyak orang. Bagi mereka yang berprestasi maka penghargaan seperti Award Pariwara, EO Award, Dinastika Award, dan sebagainya. Semakin dia bagus dan banyak mendapat award maka potensi bagus atau tidaknya dapat dilihat dari situ,” kata Andriani.

Terkait pendapatan, Andriani menjelaskan pada umum sistem pembayaran gaji atau tunjangan bagi copywriter tidak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya. Perbulannya mereka akan mendapatkan upah sesuai dengan perjanjian antara copywriter tersebut dengan perusahaan.

Sementara Dhika Agusta, copywriter dari Dwi Sapta menjelaskan jenjang karier copywriter di tempatnya dimulai dari junior copy, copywriter, senior copy, copy head. Untuk naik dari junior copy ke copywriter biasanya butuh waktu dua tahun tergantung dari performa individu yang bersangkutan. Lebih lanjut, Dhika membagi tips lain bagi yang ingin berkarier sebagai copywriter. “Selain terus meningkatkan performa, disiplin tinggi, lo juga harus banyak inisiatif. Bersikaplah layaknya seseorang yang menduduki jabatan di atas lo.”

Ke depan baik Dhika dan Andriani sepakat kalau karier copywriter akan terus menjanjikan baik dari segi pendapatan maupun peluangnya. “Selama masih ada iklan, apalagi pertumbuhan jenis media makin beragam. Jabatan copywriter masih akan terus dibutuhkan.”

Hadirnya banyak perusahaan advertising asing di Indonesia tak pelak menambah besar potensi perkembangan copywriter itu sendiri. Dhika menilai tak menutup kemungkinan copywriter Indonesia yang berprestasi bisa meningkatkan kelasnya ikut meramaikan persaingan advertising global.  Apalagi potensi belanja iklan di global jumlahnya diprediksi akan kian meningkat.

Andriani berpendapat suatu karya yang dihasilkan copywriter tidak pernah murni, melainkan merupakan hasil dari diskusi dari si klien dan banyak hal.

“Ciri-ciri seorang copywriter bila pada naskah yang dibuatnya memiliki karakter, artinya tulisan ini dapat mempengaruhi seseorang untuk meniru dengan apa yang sudah dibuatnya. Tidak hanya itu, bila ada hal-hal baru biasanya copywriter bisa langsung menuangkan menjadi karya yang indah. Kendala yang biasanya dihadapi oleh kebanyakan copywriter adalah bila harus kehilangan ide dalam menyusun sebuah konsep. Solusi untuk mengantisipasi itu mereka yang sudah menekuni bidang ini harus benar-benar rajin membaca buku, peka, dan mau menerima masukan dari orang-orang sekitar,” ujarnya.

Sederhananya, kata Andriani, tugas copywriter biasanya meliputi kegiatan mengenai urusan penyusunan konsep pada perusahaan advertising. Biasanya naskah yang sudah dibuat kemudian diserahkan kepada art director untuk dibuatkan gambaran visual sesuai dengan naskah yang ingin dibuat.

“Bila sudah jadi maka langsung dikirimkan kepada account executive (AE) untuk diproses. Kemudian contoh tersebut diberikan kepada pihak klien. Biasanya ada beberapa revisi dari pihak AE atau pihak klien untuk ditambah sedikit. Kemudian bila hasil sudah diperbaiki lalu akan diberikan kembali ke klien. Dari hasil tersebut maka klien pun langsung menyetujui hasil karyanya. Copywriter yang baik dapat mempresentasikan hasilnya sesuai dengan apa desain yang dibuatnya. Copywriter juga dapat mempertahankan hasil karyanya sudah terbaik bila mampu menerangkan kepada klien dengan baik,” tutur Andriani. 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru