real
        time web analytics

Dari Kami

Daerah Penghasil Para Tangan Terampil


TOPCAREER.ID – Pangkas rambut Asli Garut (Asgar), batik Garut, kerajinan kulit Garut, kerajinan akar wangi, hingga industri custom kendaraan, hampir semua hal terkait keterampilan tangan bisa dicari di Garut. Berkat hasil-hasil karya tangan tersebut, pantas rasanya jika orang Garut disebut si tangan terampil.   

Keterampilan Custom Kendaraan

Untuk indsutri custom culture atau custom kendaraan, butuh  pekerja yang mampu menerjemahkan sesuatu bersifat verbal (omongan) menjadi bentuk visual kendaran custom sesuai dengan konsep yang sudah dibuat builder

Hal itu seperti yang dikatakan oleh seorang builder yang juga pemilik bengkel custom Holiday, Yudianto Mulyono. Sebagai builder, Yudi mengakui butuh orang yang terampil serta memiliki tingkat kesabaran tinggi, dan orang-orang itu biasa ia temui berasal dari Garut. 

Body repair pekerjaan fisik bisa menerjemahkan verbal menjadi visual enggak harus diawasi. Ada yang dari Garut. Tukang kenteng dari Jakarta itu jarang, rata-rata dari luar (Jakarta). Banyakan pekerja-pekerja body repair datang dari luar Jakarta, seperti Tasikmalaya dan Garut,” kata Yudi kepada TopCareer.id.

Menurutnya, pekerja di bidang modifikasi atau custom kendaraan ini banyak yang berasal dari luar Jakarta. Meski dalam basic kemampuan atau keterampilan sebenarnya sama saja setiap orang pada bidang ini, namun kembali yang dicari adalah seberapa sabar pekerja tersebut menyelami tiap prosesnya. 

“Di Jakarta enggak ada orang yang cukup sabar untuk mengerjakan hal-hal yang butuh kesabaran.”

Keterampilan Kulit

“Saya asal Garut, di sana (Garut) memang sekampung itu rata-rata perajin kulit semua. Saya sendiri sudah belajar untuk jahit kulit itu waktu SMP,” kata Aditya, salah satu perajin kulit dari Akarsana.co, vendor jasa jahit kulit di Jakarta kepada TopCareer.id

Ya, ada salah satu kawasan di Garut bernama Sukaregang, lokasi ini merupakan kawasan sentra industri kulit. Semua kegiatan terkait produksi kulit dari awal (penyamakan) hingga menjadi produk siap pakai ada di kawasan ini. 

Mulai dari produk tas, sepatu, aksesoris pendukung fesyen lain berbahan dasar kulit tinggal pilih saja, semua tersedia di Sukaregang. Perajin di kawasan ini sudah pasti terampil mengerjakan setiap tahapan proses dalam produk kulit, seperti menjahit, memotong, hingga finishing

Malah, berawal dari Sukaregang, produk-produk kulit merek ternama, seperti Crocodile hingga Hush Puppies hadir untuk mewarnai industri fesyen dunia. 

Keterampilan Cukur Rambut

Pasti sudah sering dengar kalau tukang cukur kebanyakan membawa nama “Asli Garut” (Asgar), dan memang orang-orang ini berasal dari Garut. Nama itu kemudian ternama di berbagai daerah, dan menyematkan Garut sebagai daerah yang memiliki tenaga terampil bidang cukur rambut, khususnya untuk gaya rambut kaum lelaki. 

Dan nyatanya ada beberapa desa di Garut yang kebanyakan warganya terampil dalam mencukur rambut. Misal di Banyuresmi dan Wanaraja, yang pemuda-pemudanya mahir memainkan gunting dan membentuk rambut makin gaya namun tetap sederhana.

Pencukur rambut Asgar ini dikenal menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Mereka dinilai mampu bekerja dengan rapi dan apik, selain itu juga ramah. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru