real
        time web analytics

Dari Kami

Daftar Pertanyaan Menjebak yang Dilontarkan Saat Interview Kerja


TOPCAREER.ID – Masuk tahap interview dengan perusahaan memang harus dipersiapkan, ngerinya salah jawab malah bisa bikin gagal perbesar peluang masuk. Tapi, di antara pertanyaan yang diajukan, mungkin Anda akan menemui pertanyaan yang menjebak. Berikut beberapa daftar pertanyaan yang menjebak saat interview kerja.

1. “Bisa ceritakan tentang diri Anda?”

Kalau dapat pertanyaan ini, Anda akan menjawab apa kira-kira? Menceritakan diri mulai dari sekolah sampai tinggal di mana? Kegiatan yang kamu lakukan saat ini? Jangan deh.

Dilansir dari Glints, jika mendapati pertanyaan ini lagi coba jangan terlalu fokus dengan kehidupan pribadi karena sang interviewer sebenarnya ingin mendengar highlight dari pencapaian yang sudah diraih dalam dunia karier.

2. “Bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda dalam 1 kata?”

Jika mendapat pertanyaan ini jawablah dengan tenang dan sesuaikan dengan posisi yang Anda lamar serta budaya dari perusahaan. 

Lynn Taylor, seorang career expert menjelaskan bahawa pertanyaan ini bertujuan untuk mengenal personality dari para kandidat dan mereka ingin melihat berapa besar kepercayaan diri para kandidat. Apakah mereka cocok untuk fit in dalam budaya perusahaan?

3. “Mengapa Anda ingin meninggalkan pekerjaan lama Anda?”

Ketika datang dalam pembahasan pekerjaan saat ini, jangan sampai mengeluarkan statement negatif. Ingat untuk tidak menjelek-jelekkan kantor di mana Anda bekerja, karena sudah pasti akan langsung gagal untuk bekerja di perusahaan impian Anda.

Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang fokus terhadap diri Anda berkembang di perusahaan yang dilamar, seperti: bagaimana Anda akan berkembang di sana, bagaimana keinginan Anda untuk mengisi posisi yang dilamar, dan jawaban-jawaban yang bermanfaat bagi perkembangan perusahaan yang dilamar.

4. “Bisakah sebutkan kekurangan dan kelebihan Anda?”

Jawaban “kelemahan saya dapat menjadikan kekuatan saya” bisa membuat Anda dicoret dari list karena tidak memberikan point dari pertanyaan tersebut. Coba jawab dengan jujur dan fokus menjawab kekurangan, namun tetap jelaskan bahwa Anda memiliki solusi untuk mengatasinya. Jelaskan juga langkah-langkah apa saja yang kamu ambil untuk berkembang di dunia karier.

5. “Mengapa Anda ingin bekerja di sini?”

Jika pertanyaan jebakan ini dilontarkan, inilah kesempatan Anda untuk menunjukkan betapa niatnya Anda mencari informasi mengenai perusahaan yang dilamar. Jelaskan juga alasan-alasan mengapa Anda menjadi kandidat yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills