real
        time web analytics

Dari Kami

Dalami Tugas Utama Pialang Saham


TOPCAREER.ID – Industri pasar modal sebagai industri yang dianggap bergengsi di antara industri ekonomi lainnya, punya salah satu profesi yang punya nilai penting, yakni broker atau pialang. Intinya tugas broker adalah menjadi perantara antara investor dan sistem perdagangan efek.

Jadi, broker ini istilahnya sebagai orang kepercayaan investor atau trader untuk melakukan transaksi jual ataupun beli sesuai dengan intruksi investor itu tadi dalam perdagangan efek. Berikut penjelasan tugas inti dari broker.

Sebagai Perantara

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa broker merupakan perantara antara perusahaan dengan investor, maka broker perlu punya kemampuan komunikasi yang baik. Menurut Founder Komunitas Investor Saham Pemula, Frisca Devi, broker itu praktisi kalangan profesional yang bakal membantu investor/trader dalam jual beli efek.

“Untuk trader ya kalau bukan trader aktif, dia hanya akan nyuruh si broker. Misalnya tolong belikan saya saham ini, jualkan saya saham ini, merintah broker aja,” kata Frisca kepada TopCareer.id.

Sebagai perantara, ada kalanya para pialang ini melakukan penawaran kepada calon investor untuk menjadi nasabah, menerima pesanan atau intruksi untuk kepentingan nasabah, membuat kontrak pembukaan rekening. Dari fungsi itu bisa dilihat bahwa pialang memerlukan kemampuan komunikasi.

“Harus bisa cakap berbicara juga karena kan lawan bicaranya investor-investor. Otomatis mereka yang berkomunikasi langsung dengan para investor,” ucap Frisca.

Memberikan Rekomendasi

Karena tugas utama pialang sebagai perantara, maka ia akan memberikan rekomendasi yang tepat bagi para investor dalam melakukan jual beli efek. Karena perdagangan yang dilakukan tidak sembarangan, seorang broker biasanya punya ilmu analisis yang mendukung mereka dalam memberikan rekomendasi yang tepat.

“Broker pun bisa punya hak untuk merekomendasikan ke trader, misal ada saham ini layak untuk beli, atau saham ini udah bagus, kita jual dulu saja. Jadi dia punya hak untuk merekomendasikan ke si trader atau investor itu.”

Menurut Frisca, karena rekomendasi yang diberikan perlu ketepatan, sebelum menjadi seorang broker, perlu mengambil sertifikasi terlebih dahulu. Di dalamnya tentu mencakup bagaimana belajar analisis saham, undang-undang terkait pasar efek, peraturan, hingga etika yang benar.

Bahkan, seorang broker harus mampu memberikan prediksi dengan membaca laporan keuangan suatu perusahaan. Kira-kira indikator apa yang mampu membuat nasabahnya untung dalam berinvestasi.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru