real
        time web analytics

Dari Kami

Dampak Negatif untuk Anak Magang yang Tidak Dibayar


TOPCAREER.ID – Magang yang tidak dibayar ternyata memiliki dampak negatif, termasuk juga berkaitan dengan karier di masa depan. Meski magang bisa menjadi salah satu jalan anak muda mengenal dunia kerja. 

Menurut sebuah studi oleh National Association of Colleges and Employers, berikut beberapa dampak negatif dari magang yang tidak dibayar.

1. Belum tentu lanjut dibayar

Pengusaha yang tak memberikan bayaran pada tenaga intern tidak mungkin mengonversinya menjadi karyawan yang dibayar. Jadi, magang tanpa bayaran tidak dijamin oleh perusahaan tersebut, atau bahkan perusahaan yan berbeda. 

2. Menghambat karier

Magang tanpa dibayar malah dinilai bisa menghambat karier masa depan. Kerja magang tanpa dibayar dapat melukai kesempatanmu untuk mencari pekerjaan segera setelah kuliah. Terkadang malah membuatmu keluar dari bidang terkait hingga sembilan bulan setelah lulus.

3. Tentunya bekerja tanpa menghasilkan uang

Melakukan magang tanpa bayaran berarti kamu harus siap bekerja tanpa menghasilkan uang. Tetapi jika kamu memiliki pinjaman untuk melunasi utang lain, bekerja gratis mungkin bukan pilihan yang tepat untukmu.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Dr. Angus Holford dari Lembaga Penelitian Sosial dan Ekonomi di University of Essex, mereka yang berasal dari latar belakang kurang beruntung sering dipaksa untuk mengambil pekerjaan tanpa bayaran karena terbatasnya tawaran pekerjaan.

“Saya berharap beberapa orang akan magang yang memungkinkan mereka melakukan pekerjaan yang benar-benar ingin mereka lakukan dan yang akan memiliki pengembalian pasar kerja yang besar,” ucap Holford dalam laman The Guardian.

Tetapi, lanjut Holford, sayangnya rata-rata magang yang diambil tidak langsung mengarah ke pekerjaan di profesi yang  diinginkan atau profesi yang dilakukan ketika magang.

Studi ini juga menemukan bahwa mereka yang mengambil magang cenderung kurang memiliki ambisi untuk menuju peran profesional atau manajerial atau puas dengan karir mereka dibandingkan dengan mereka yang telah langsung bekerja.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru