real
        time web analytics

Dari Kami

Data, Data, Data, Berapa Banyak Data Layanan Digital yang Ada Saat Ini


TOPCAREER.ID -  Jika kamu pengguna internet aktif, mungkin kamu sering dimintai perihal data-data pribadi oleh layanan digital yang kamu gunakan. Salah satu tujuannya untuk lebih memahami mereka dan meningkatkan layanannya. Tapi kita kadang tidak sadar betapa banyaknya data yang dikumpulkan oleh platform layanan digital tersebut.

Head of Global Insight Network TrendWatching, Nathania Christy mengatakan bahwa ia terkejut dengan banyaknya data miliknya yang dikumpulkan oleh Google.

"Saya coba unduh dan ternyata Google memiliki hampir 5 GB data pribadi saya, itu setara dengan dokumen dengan 3 juta halaman," kata saat berbicara di event Global Trend Event di Grand Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Ia mengatakan solusinya bukan mendorong pengguna untuk berhenti membagikan datanya dengan brand. Tapi justru brand harus memanfaatkan data tersebut untuk menciptakan solusi atas masalah di masyarakat.

Namun brand tidak perlu melakukan hal tersebut sendirian. Dengan bermitra dengan pemerintah, brand dapat menyelesaikan masalah besar yang mendera suatu daerah, seperti misalnya kemacetan.

Nathania mengambil contoh perusahaan ride hailing China, Didi Chuxing. Uber-nya China ini mengumpulkan 7,43 order pada 2017, jadi bisa dibayangkan betapa banyaknya data pengguna yang mereka kumpulkan.

"Jadi apa yang mereka lakukan dengan data ini? Mereka bermitra dengan pemerintah lokal untuk menciptakan solusi lalu lintas untuk kota tersebut," ujar Nathania.

"Mereka menggunakan data tersebut untuk otomasi lampu lalu lintas dan juga mengubah jalur jika sudah macet parah. Jadi mereka berpikir lebih jauh dari bisnis dan pengguna mereka, dan fokus kepada kota tersebut secara keseluruhan," ujarnya.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru